Cara Berhemat Sebelum dapat Pekerjaan

by
April 16th, 2014 at 3:34 pm

CiriCara.com – Tradisi merantau hingga saat ini masih ramai dilakukan masyarakat di Indonesia. Dari kampung berangkat pergi ke kota untuk mencari pekerjaan sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Mengingat peluang kerja di kampung masih sedikit.

berhemat

Cara berhemat – Ist

Biasanya saat merantau, para pencari kerja ini membawa uang yang pas-pasan. Jadi, mau tidak mau harus menjalankan pola hidup hemat agar tidak kehabisan uang sebelum dapat kerja. Apalagi saat ini biaya hidup di kota tidak murah.

Nah! Bagi Anda pencari kerja, sebaiknya terapkan pola hidup hemat mulai dari sekarang. Apalagi saat ini Anda belum mendapatkan pemasukan karena belum dapat kerja. Jangan sampai Anda terlilit utang karena kekurangan uang.

Berikut cara berhemat sebelum dapat pekerjaan:

1. Kurangi penggunaan handphone

Selama belum mendapat pekerjaan, sebaiknya Anda mengurangi penggunaan handphone, apalagi untuk hal yang tidak penting. Uang Anda bisa menjadi lebih boros jika digunakan untuk membeli pulsa buat SMS atau teleponan. Jadi kurangi penggunaan handphone.

2. Kurangi hang out tidak penting

Anda harus mengurangi kebiasaan jalan bareng teman-teman selama belum dapat kerjaan. Karena biasanya, Anda akan mengeluarkan uang banyak saat hang out ini. Jadi, selama belum ada pemasukan, mending kurangi saja dulu.

3. Disiplin mengatur uang

Hitung dan perkirakan apakah uang yang Anda miliki saat ini cukup untuk satu bulan? Alokasikan uang tersebut untuk beberapa pos, seperti biaya makan, ongkos, dll. Agar tidak kekurangan, Anda harus disiplin dalam menggunakan uang sesuai dengan pos-pos yang sudah ditentukan.

4. Cari pemasukan

Selama belum dapat pekerjaan tetap, Anda bisa mencari pemasukan melalui kerja serabutan/sementara. Yang terpenting, usahakan agar keuangan Anda tetap mendapatkan pemasukkan walaupun kecil. Dengan demikian Anda tidak perlu utang ke orang lain ataupun bank.

Itulah beberapa cara berhemat untuk Anda yang belum mendapatkan pekerjaan. Semoga dengan cara-cara di atas Anda bisa terhindar dari utang.

(YG)

Comment di sini