Cara Mencegah Penularan Virus MERS

by
April 16th, 2014 at 9:40 am

CiriCara.com – Bagi Anda yang akan berpergian ke Arab Saudi baik dalam rangka umroh maupun tujuan kunjungan lainnya disarankan untuk mewaspadai penularan virus Corona atau yang dikenal Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Tetap jaga kesehatan Anda!

virus mers di arab saudi

Ilustrasi virus MERS – Ist

Arab Saudi memang sedang gencar-gencarnya mengingatkan bahaya virus tersebut. Virus yang belum ditemukan penangkalnya ini telah menelan 69 korban meninggal. Sementara itu, sebanyak 194 orang dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.

Gejala umum penyakit yang timbul akibat virus Corona MERS itu sama seperti penyakit flu pada umumnya. Sehingga banyak yang tidak sadar telah terjangkit virus berbahaya tersebut. Warga Negara Indonesia yang berada di Arab Saudi pun diminta untuk waspada.

Berikut cara penularan atau penyebaran virus Corona MERS:

1. Penularan lewat cairan penderita yang bersin atau batuk.
2. Penularan lewat sentuhan benda-benda yang terkontaminasi virus.
3. Kontak langsung dengan penderita.

Berikut cara mencegah penularan atau penyebaran virus Corona MERS yang sedang marak di Jeddah, Arab Saudi:

1. Melaksanakan Perilaku Hidup Sehat

Selalu mencuci tangan dengan sabun antiseptic (anti-bacterial). Segera hubungi tenaga medis jika mengalami masalah kesehatan seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas (sesak napas atau napas pendek), karena bisa jadi ini gejala virus Corona MERS.

2. Lindungi Diri Dari Penularan

Melindungi diri dan orang lain dari penyebaran kuman dan virus penyakit yang menyerupai influenza. Tunda berpergian jika Anda merasakan gejala penyakit seperti influenza. Tutup mulut dan hidung dengan tangan jika bersin atau batuk, agar virus tidak menyebar ke orang.

Gunakan selalu masker saat berada di tempat umum dan keramaian, terutama saat melaksanakan ibadah umrah. Bagi orang berusia lanjut, wanita hamil, dan anak-anak yang akan pergi ke Arab Saudi disarankan untuk menunda kepergian.

Karena gejalanya yang sama seperti penyakit influenza, Anda harus ekstra waspada terhadap serangan virus Corona MERS. Segera periksakan diri ke dokter saat Anda atau anggota keluarga mengalami gejala penyakit influeza, karena itu bisa saja virus Corona MERS.

(YG)

Comment di sini