Cara Menciptakan Lagu Sendiri

by
April 16th, 2014 at 2:43 pm

CiriCara.com – Sudah belajar main gitar rasanya kurang lengkap jika kamu tidak bisa menciptakan atau membuat lagu sendiri. Punya lagu ciptaan sendiri tentu akan memberikan rasa bangga. Apalagi jika lagu ciptaan kamu itu mendapat respon baik dari pendengarnya.

tips ciptakan lagu

Menciptakan lagu sendiri – Ist

Namun, tidak semua orang bisa menciptakan lagu dengan mudah. Terkadang, orang yang sudah handal dalam bermain gitar pun akan menemui kesulitan saat menciptakan lagu. Lalu, bagaimana dengan pemusik pemula?

Saat pertama kali mencoba mungkin kamu akan merasa kesal sendiri karena tak kunjung mendapatkan lirik yang tepat. Sekalinya dapat inspirasi lagu, otak tidak bisa begitu saja mengeluarkannya. Harus bagaimana?

Berikut ada beberapa cara yang bisa membantu kamu dalam menciptakan lagu sendiri. Simak baik-baik penjelasannya!

1. Harus punya kreativitas

Inspirasi lagu bisa datang kapan saja dan di mana saja, baik saat kamu sedang galau atau gembira. Karenanya kamu dituntut untuk jadi orang yang kreatif agar bisa merubah rasa galau kamu itu menjadi sebuah lagu. Biasanya, lagu yang terinspirasi dari pengalaman sendiri akan jauh lebih menyentuh.

2. Lihat kondisi sekitar

Dalam menciptakan lagu, usahakan kamu sedang sendirian agar tidak ada yang mengganggu. Kamu juga jadi lebih bebas untuk berekspresi tanpa harus merasa malu-malu, kan kamu sedang sendirian.

3. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan

Saat membuat lagu, tentunya kamu harus mempunyai alat musik sebagai pengiringnya, bisa gitar atau piano. Sediakan juga akan perekam agar kamu tidak lupa. Dan jangan lupa untuk membawa alat tulis agar kamu menulis lirik lagu beserta kunci gitarnya.

menulis lirik lagu

Menciptakan lagu – Ist

4. Tentukan jenis musik

Kamu bisa memilih jenis musik berdasarkan musisi kesukaan kamu, namun jangan jadi plagiat. Agar terlihat beda, tentunya lagu yang kamu ciptakan ini harus mempunyai ciri khas tersendiri. Sesuaikan nada dengan lirik yang sudah kamu buat.

5. Minta pendapat teman

Setelah selesai, kamu bisa menyanyikannya di depan teman-teman kamu. Siapa tahu ada ide-ide menarik yang bisa kamu terapkan agar lagu ciptaan kamu itu bisa jadi lebih merdu dan enak didengar. Jadi jangan malu untuk menyanyikan lagu sendiri!

Ingat! Dalam menciptakan lagu, kamu tidak boleh meniru gaya musisi lain. Hal ini menghindari kamu dituding sebagai plagiat atau peniru. Jadi, ciptakan lah lagu sendiri dengan gaya kamu sendiri.

(YG)

Comment di sini