Posisi Duduk yang Baik Saat Hamil

by
April 16th, 2014 at 9:45 am

CiriCara.com – Wanita hamil yang perutnya mulai membesar pasti akan merasakan ketidaknyamanan dalam duduk, tidur, dan berjalan. Terlebih saat hendak tidur, wanita hamil akan mendapati kesulitan untuk merebahkan tubuhnya dan mencari posisi yang nyaman sekaligus tidak membahayakan janin di perut. Sehingga mau tidak mau, Anda tidur dalam keadaan duduk.

Baca juga: Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Saat Hamil.

Posisi duduk mempengaruhi keregangan otot punggung. Jika duduk dalam keadaan tidak benar, wanita hamil akan merasakan sakit punggung atau nyeri perut. Maka sangat disarankan bagi wanita hamil untuk duduk dalam posisi yang tepat sehingga melatih kekuatan ototnya untuk menahan beban lebih pada perutnya.

Berikut posisi duduk wanita hamil yang tepat.

1. Posisi Punggung dan Bahu

Posisi tangan dan bahu / Boldsky

Posisi punggung dan bahu / Boldsky

Posisi duduk terbaik wanita hamil adalah dengan punggung dalam keadaan lurus dan bahu santai ditarik ke belakang. Dengan punggung lurus, ini akan menghindarkan sakit punggung selama kehamilan. Sandarkan dan sesuaikan punggung jika duduk di kursi dengan sandaran belakang. Posisikan setiap bagian belakang tubuh mulai dari pantat sampai bahu bersandar pada bantalan kursi.

Jika duduk di kursi atau sofa tanpa bantalan belakang, cara duduk yang tepat adalah pertama duduk hingga pangkal kursi dan membungkuk. Tonjolkan lengkungan punggung Anda sejauh mungkin dan tahan beberapa detik. Kemudian, lepaskan posisi sedikit demi sedikit (sekitar 10 derajat) dan inilah posisi duduk yang baik.

Comment di sini