10 Prinsip Hidup Sehat Alami

by
April 17th, 2014 at 1:12 pm

CiriCara.com - Perkembangan zaman saat ini bagaikan dua sisi mata uang. Berbagai perkembangan teknologi mampu menghasilkan berbagai manfaat untuk kehidupan manusia. Tetapi juga berbagai dampak buruk mengemuka tak tertahankan.

Hidup sehat - istPerilaku kehidupan masyarakat zaman kini terpengaruh oleh keadaan, berpengaruh juga pada perilaku dalam pola hidup sehari-hari. Ini menyebabkan dampak yang tidak bagus bagi kesehatan.

Bila orangtua kita dulu banyak yang bisa tetap sehat hingga menjelang usia 60 tahun, bahkan ada yang tetap sehat pada usia di atas enam puluhan, generasi sekarang sudah banyak yang mengidap berbagai penyakit yang mengancam kualitas hidupnya.

Semakin banyak terdengar orang-orang mengalami stroke pada usia muda atau seseorang yang sangat belia mengalami gagal ginjal. Atau terkena penyakit-penyakit degeneratif seperti asam urat, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, berbagai macam kanker, dan lain sebagainya.

Penyebabnya, selain potensi genetika, juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja penggunaan bahan tambahan makanan seperti MSG (mono sodium glutamate) sudah menjadi kebiasaan sehari-hari hingga masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedalaman. Tak lengkap cita rasa makanan bila tanpa menggunakan MSG.

Berbagai makanan jajanan tak sehat dijual di mana-mana, dengan harga murah sehingga amat terjangkau berbagai kalangan. Makanan fast food (cepat saji) dengan pengolahan yang tak sehat juga makin marak. Gaya hidup modern di kalangan anak muda sekarang pun banyak yang identik dengan pengkonsumsian makanan cepat saji ini.

Tuntutan zaman yang menyebabkan banyak orang harus bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain dan menggunakan waktu seefektif mungkin menjadi salah satu alasan pula untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

Di samping itu, kerusakan alam yang banyak terjadi hingga menyumbang dengan signifikan pada efek rumah kaca yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon juga “bekerjasama” dengan gas beracun yang dari asap kendaraan bermotor, menyebabkan kualitas udara yang kita hirup berkurang kesegaran dan kesehatannya.

Sebagian orang yang telah menyadari ancaman besar di balik pola hidup tak sehat masa kini, kemudian beralih kepada pola hidup organik. Pemanfaatan lahan yang menggunakan pupuk organik dioptimalkan. Mereka juga menghindari makanan-makanan yang terindikasi membahayakan kesehatan. Mereka pun getol menyuarakan pola hidup sehat untuk kebaikan bersama.

Comment di sini