Cara Hadapi Teman Seperjalanan yang Menyebalkan

by
April 17th, 2014 at 11:59 am

CiriCara.com – Salah satu hal yang menyenangkan dari berpergian adalah kita bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Tapi apa jadinya jika dalam perjalanan tersebut kita malah mendapati orang yang menyebalkan?

teman perjalanan menyebalkan

Penumpang menyebalkan – Ist

Terkadang kita sering mendapati orang yang sok kenal dan sok akrab di perjalanan. Akibatnya, perjalanan yang harusnya menyenangkan malah berubah jadi menyebalkan dan terasa tidak nyaman. Apalagi dia selalu mengganggu.

Baca juga: Cara Mencegah Anak Mabuk Perjalanan.

Jika situasi seperti di atas terjadi pada Anda, maka sebaiknya Anda harus punya strategi khusus agar dia tidak mengganggu. Jangan sampai perjalanan Anda jadi membosankan atau bahkan tidak nyaman.

Berikut cara menghadapi teman seperjalanan yang menyebalkan:

1. Bersikap cuek

Saat Anda tidak menggubris atau menanggapi omongannya, dia pasti akan sadar kalau dia telah mengganggu Anda. Bersikap cuek saat diajak bicara mungkin terlihat kasar, tapi hal ini ampuh untuk membuat teman seperjalanan itu diam dan tidak “berkicau” lagi.

2. Jawaban singkat

Jika dirasa cara pertama itu terlalu jahat, Anda bisa menggunakan cara kedua ini. Jawab semua ucapannya dengan kata-kata yang singkat, seperti “ya”, “tidak”, “oh”, dll. Lama kelamaan, dia pasti bakalan merasa bosan dan berhenti mengajak Anda bicara.

3. Membaca buku atau koran

Untuk menghindari obrolan dengan orang yang menyebalkan, Anda bisa berpura-pura sedang membaca buku, novel, majalah, atau koran. Pasang wajah yang serius agar teman seperjalanan Anda tidak berani mengganggu Anda lagi.

4. Dengarkan musik

Saat Anda merasa bosan karena terus-terusan diajak ngobrol, Anda bisa mengambil handphone, tablet, atau MP3 dan pasang headset seperti sedang mendengarkan musik. Cara ini sangat ampuh untuk membuat orang yang menyebalkan itu jadi diam.

perjalanan menggunakan pesawat, fakta mengerikan saat perjalanan dalam pesawat, tips travel, tips berpergian, tips berpergian menggunakan pesawat

Penumpang pesawat – Shuuterstock / Merdeka

5. Pindah tempat duduk

Merasa teganggu dengan teman seperjalanan? Anda sebaiknya pindah tempat duduk saja. Dengan demikian dia tidak akan mengganggu Anda lagi. Atau Anda juga bisa meminta bantuan petugas untuk memindahkan orang tersebut ke tempat duduk lainnya.

6. Berkata jujur

Jika cara-cara di atas ternyata tidak berhasil, Anda sebaiknya bicara langsung saja ke teman seperjalanan yang menyebalkan itu. Katakan padanya bahwa Anda tidak ingin diganggu atau diajak mengobrol. Pasti dia akan berhenti mengganggu Anda.

Apakah Anda juga pernah mengalami hal yang serupa? Silakan tulis pengalaman Anda di kolom komentar.

(YG)

Comment di sini