Cara Mencegah Anak Nangis dan Marah di Depan Umum

by
April 17th, 2014 at 2:09 pm

CiriCara.com – Para ibu sering kualahan saat menghadapi anak yang tiba-tiba saja menangis dan mengamuk di depan umum. Rasa malu karena menjadi tontonan banyak orang membuat para ibu jadi semakin panik dan bingung harus berbuat apa.

anak tantrum

Anak tantrum – Ist

Kondisi ketika anak tiba-tiba saja menangis dan mengamuk itu biasa disebut tantrum. Menurut Psikolog Hudson, tantrum itu umumnya terjadi pada anak usia pra sekolah. Jadi, buat ibu yang punya anak di usia tersebut, siap-siap saja menghadapi tantrum.

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi yang Rewel.

Anda pasti akan kebingungan ketika si kecil tiba-tiba saja mengamuk. Misalnya, membuang semua barang belanjaan Anda, dan saat dilarang dia malah menangis kencang. Hal ini tentu akan membuat Anda bingung harus bagimana.

Berikut cara mencegah anak nangis dan marah di depan umum:

1. Cukup istirahat dan makan

Saat Anda ingin mengajak si kecil ke supermarket atau berjalan-jalan di mal, sebaiknya pastikan si kecil dalam kondisi segar (tidak mengantuk) dan sudah kenyang. Pasalnya, tantrum bisa terjadi saat anak kelelahan atau pun lapar.

2. Turuti kemauan si kecil

Saat si kecil minta sesuatu sebaiknya Anda turuti saja. Hal ini mencegah si kecil nangis dan ngamuk di depan umum. Pasalnya, tantrum bisa muncul saat si kecil sedang stres atau frustasi. Turuti saja kemauannya, selama itu masih terbilang wajar.

3. Jangan langsung marah

Tantrum anak terkadang tidak bisa dihindari. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya tidak langsung marah dan menyuruhnya untuk diam. Hal ini justru akan membuat anak semakin stres. Cobalah untuk membujuk anak dengan perkataan-perkataan yang lembut.

anak mudah marah4. Pindah ke tempat lain

Saat anak mulai tantrum, sebaiknya Anda segera membawa anak pindah ke tempat lain. Mungkin tantrum anak muncul karena dia merasa bingung dan kurang nyaman di tempat tersebut. Cobalah untuk menenangkan anak di tempat yang lebih nyaman dan sepi.

5. Jangan terlalu lama

Saat mengajak anak jalan-jalan atau belanja, sebaiknya jangan terlalu lama. Hal ini menghindari anak merasa lelah dan bisa memicu tantrum. Ingat! Si kecil butuh waktu istirahat lebih banyak ketimbang Anda.

Saat anak mulai tantrum, segera tenangkan anak agar tidak jadi tontonan orang banyak. Jika anak tetap menangis dan ngamuk, cepat bawa ke tempat lain. Memarahi anak hanya akan membuat Anda terlihat kejam. Anda harus bersabar jika si kecil mulai tantrum!

(YG)

Comment di sini