Cara Mengatasi Trauma Anak Korban Pelecehan Seksual

by
April 17th, 2014 at 2:17 pm

CiriCara.com – Pelecehan seksual terhadap anak memang marak sejak beberapa tahun terakhir. Yang terbaru adalah pelecehan seksual yang menimpa seorang bocah TK berusia 6 tahun di sebuah sekolah internasional ternama di Jakarta Selatan.

Dampak yang dirasakan oleh sang anak tentu akan sangat panjang dan bila tidak ditangani dengan tepat maka di masa depan, mereka akan menjadi anak yang memiliki mental yang kurang baik akibat rasa trauma mendalam saat dilecehkan secara seksual sewaktu kecil.

Jika anak Anda adalah salah satu korban pelecehan seksual, maka Anda tidak perlu lama-lama menyesali kejadian yang menimpa anak Anda. Mulai sekarang ajari anak Anda agar tidak trauma pada permasalahan masa lalunya itu. Caranya? Simak langkah-langkah berikut:

1. Jangan mengisolasi anak

Pelecehan seksual pada anak / Ist.

Pelecehan seksual pada anak / Ist.

Meski telah mendapati anak Anda dilecehkan orang lain, Anda tidak boleh menjauhkannya dari kehidupan sosial dengan melarangnya menghubungi siapapun. Hal ini justru akan menimbulkan rasa kesepian pada anak sehingga kemungkinan untuk mengikat kejadian buruk yang pernah menimpanya akan semakin besar.

Karena itu, usahakanlah agar ia tetap ceria dan bermain seperti biasa agar anak Anda bisa bersosialisai kembali dengan kehidupannya seperti biasa. Namun ingat, Anda harus ekstra meningkatkan pengawasan terhadap anak Anda agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

Comment di sini