Cara Mudah Membuat Lirik Lagu

by
April 17th, 2014 at 4:51 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang yang sudah mahir bermain musik mengaku tidak bisa membuat lagu sendiri karena tidak punya inspirasi lirik. Tanpa ada lirik, alunan musik hanya bisa didengar tanpa bisa dimengerti arti dan maksudnya.

menulis lirik lagu

Menciptakan lirik lagu – Ist

Lirik merupakan salah satu bagian dari lagu yang juga sangat penting. Karenanya kamu harus bisa membuat lirik yang bagus agar bisa menyentuh hati para pendengarnya. Masih bingung dalam membuat lirik lagu?

Tidak mudah memang menuliskan untaian kata-kata untuk dijadikan sebuah lirik lagu. Sekalinya dapat inspirasi, lirik lagu yang dibuat malah terdengar aneh dan tidak masuk dengan nada gitar.

Berikut cara mudah membuat lirik lagu:

1. Tentukan tema lagu

Agar tidak berantakan, kamu harus menentukan tema atau konsep lagu yang matang. Tentukan, apakah lagu yang kamu buat ini tentang cinta, persahabatan, atau juga yang lainnya. Pastikan juga tema yang kamu pilih itu masuk ke nada yang sudah dibuat.

2. Kerangka cerita

Supaya tidak terdengar monoton, lirik yang kamu buat harus punya kerangka cerita. Maksudnya, ada cerita awal dan ada cerita akhirnya. Kerangka cerita inilah yang akan mendukung tema lagu tadi agar mempunyai identitas yang kuat.

3. Bahasa sehari-hari

Dalam membuat lirik lagu tidak harus memakai kata-kata baku. Kamu bisa menerapkan bahasa-bahasa yang memang sudah biasa digunakan sehari-hari. Biasanya lagu dengan kata-kata ini akan lebih mudah dihafal.

lagu cinta - Ist

lagu cinta – Ist

4. Pemilihan kata-kata

Gunakan kata-kata yang memang tengah populer saat ini. Misalnya, galau, ok atau yang lainnya. Penggunaan kata-kata tersebut akan membuat lirik lagu ciptaan kamu terdengar lebih beda dan unik dibanding lagu-lagu lainnya.

5. Pengucapan dan nada yang pas

Pastikan kata-kata yang dipilih dalam lirik lagu itu sesuai dengan nada lagu yang sudah dibuat. Maksudnya, perhatikan pengucapan kata per katanya, apakah masuk ke nada atau tidak. Dengan cara ini lagu yang kamu ciptakan jadi lebih enak didengar.

Inspirasi lirik lagu ini bisa datang dari diri kamu sendiri atau pun curhatan teman. Cobalah untuk menjadi orang yang kreatif agar lirik lagu yang dibuat jadi lebih unik dan menarik.

(YG)

Comment di sini