Cara Tepat Memilih Busana Saat Haid

by
April 17th, 2014 at 9:16 am

CiriCara.com – Sudah jadi rahasia umum, kebanyakan wanita mengalami kekhawatiran akan ‘bocor’ pada periode ‘merah’-nya. Ketakutan ini jadi membatasi ruang gerak untuk tampil aktif dan percaya diri. Untuk membuat Anda nyaman dalam masa datang bulan, ada beberapa pilihan baju yang nyaman dipakai dan menghindarkan risiko tampil bocor serta mengganggu kesehatan kewanitaan Anda.

1. Hindari Pakaian Ketat

Jangan pakai celana ketat / Ist

Jangan pakai celana ketat / Ist

Sebaiknya jangan pakai pakaian dan celana ketat ketika sedang haid. Mengapa? Biasanya wanita akan merasakan sakit atau kram perut pada saat menstruasi. Pakaian ketat akan membuat Anda kesempitan dan sulit bernapas, sementara celana yang ketat menghimpit bagian perut dan membuatnya semakin sakit.

Istirahatkan dulu skinny jeans favorit Anda karena bagian selangkangan yang ketat sebenarnya mengganggu kesehatan organ intim wanita.  Apalagi jika sedang haid, celana yang ketat seperti itu akan menonjolkan pantat dan mencetak pembalut yang sedang Anda pakai terlihat dari luar. Ouch, it’s a big NO!

Dr. Malvinder Parmar dari Timmins & District Hospital, Ontario, Kanada, menyatakan bahwa celana ketat sepinggul berpeluang menimbulkan penyakit paresthesia. Istilah paresthesia sendiri berarti perasaan sakit atau abnormal seperti kesemutan, rasa panas seperti terbakar dan sejenisnya.

Hasil penelitian lain di Inggris menyebutkan bahwa endometriosis, yaitu suatu gangguan yang sering mengakibatkan gangguan kesuburan pada wanita, diduga disebabkan oleh kebiasaan memakai pakaian ketat selama bertahun-tahun. Menggunakan pakaian ketat akan memicu sel-sel endometrium (selaput lendir rahim) untuk melarikan diri dari rongga rahim lalu berdiam di indung telur, sehingga kesehatan menjadi terganggu.

Pilih celana atau bawahan longgar / Ist

Pilih celana atau bawahan longgar / Ist

Beralihlah menggunakan celana longgar yang jauh lebih nyaman dan tidak mengganggu kesehatan. Pilihan bawahan yang bijak adalah celana pendek longgar, celana harem, rok panjang, dan legging. Jenis pakaian ini memberi ruang gerak bebas sehingga tidak menekan perut dan paha. Pada legging, meski didesain ketat dan aerodinamis, bahan katun yang lembut dirasa aman dan tidak seberat jeans.

Comment di sini