Cara Mengatasi Gatal Karena Alergi

by
April 21st, 2014 at 9:36 am

CiriCara.com – Rasa gatal karena alergi membuat penderitanya menggaruk kulit dengan keras dan menjadikan kulit luka. Alergi merupakan respon berlebih terhadap sistem kekebalan tubuh, biasanya karena makanan atau serbuk bunga. Kekebalan tubuh memiliki sistem komplek terhadap serangan asing seperti bakteri dan virus. Lingkungan mempengaruhi perkembangan alergi dan risiko keparahan alergi juga diperbesar oleh faktor keturunan.

Reaksi tubuh ini bisa menimbulkan gatal, bersin, dan mata berair. Selain itu, alergi juga memicu asma dan masalah kesehatan lain seperti infeksi sinus (sinusitis) dan infeksi telinga pada anak-anak.

Badrul Chowdhury, M.D., Ph.D., seorang allergist and immunologist dari Food and Drug Administration (FDA) pada WebMD menyarankan untuk mendapatkan perawatan oleh ahli kesehatan profesional jika Anda baru mengalami pertama kali alergi. Diperlukan tes untuk mengetahui penyebab alergi Anda.

Untuk mengatasi gatal akibat alergi, cara berikut ini diharapkan dapat membantu Anda:

1. Hindari Penyebab Alergi

Alergi serbuk bunga / Medicine Net

Alergi serbuk bunga / Medicine Net

Bila diketahui Anda mengalami alergi musiman, usahakan untuk menghindari berbagai macam serbuk bunga yang dapat memicu alergi muncul kembali. Tidak melakukan kegiatan berkebun, tetap di dalam ruangan, menutup jendela ketika cuaca berangin, dan memakai masker penutup wajah bila keluar rumah bisa meminimalisir munculnya alergi dan gatal-gatal.

Sebisa mungkin hindari berbagai macam benda yang dapat menimbulkan gatal-gatal karena alergi, antara lain zat kimia, wol, sabun, obat-obat antibiotik, kulit kering, bahkan kudis. Kudis disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei) yang menjalar ke dalam kulit dan mengakibatkan infeksi pada kulit dan menjadikannya gatal.

Comment di sini