Ciri Keguguran yang Tidak Disadari

by
April 21st, 2014 at 3:20 pm

CiriCara.com – Pada umumnya ibu hamil yang mengalami keguguran bisa dilihat dari tanda-tandanya. Mulai dari pendarahan hebat atau kondisi perut yang sakit hingga mengakibatkan ibu hamil tersebut pingsan.

trauma karena keguguran

Ibu keguguran – Ist

Namun, ternyata tidak semua keguguran itu bisa dilihat dari ciri-cirinya. Ada juga kasus keguguran yang tidak disadari ibu hamil hingga akhirnya dokter menyatakan bahwa janin yang dikandung sudah meninggal saat di dalam kandungan.

Keguguran yang tidak menunjukkan tanda-tanda jelas itu tentu akan mengejutkan ibu hamil. Rasa kecewa pasti akan muncul saat mengetahui bahwa janin yang selama ini dikandunganya sudah tidak bernyawa lagi.

Berikut ciri dari keguguran diam-diam yang sering tidak disadari oleh wanita:

1. Berkurangnya tanda-tanda kehamilan

Ketika hamil, tubuh seorang wanita biasanya akan meunjukkan tanda-tanda tertentu seperti mual, morning sick, lelah, atau perubahan pada payudara. Jika tanda-tanda tersebut semakin berkurang dan bahkan hilang sama sekali, bisa jadi Anda mengalami keguguran diam-diam. Sebaiknya segera periksakan kesehatan janin Anda ke dokter.

2. Keluar cairan aneh dari vagina

Keluarnya cairan aneh seperti keputihan namun berwarna kecokelatan bisa menjadi tanda keguguran. Lama-kelamaan cairan tersebut akan berubah semakin cokelat, kemudian berwarna merah dan semakin terang seperti darah.

Keguguran - Ist3. Tidak ada detak jantung janin

Ciri Anda mengalami keguguran diam-diam adalah tidak adanya detak jantung janin. Ciri-ciri ini bisa dilihat ketika Anda melakukan USG di rumah sakit. Detak jantung janin yang lemah juga bisa menjadi tanda kalau kondisi janin Anda tidak sehat. Segera periksa ke dokter.

4. Insting ibu hamil

Saat ibu hamil merasa ada sesuatu yang tidak beres pada kehamilannya, itu bisa jadi ciri keguguran diam-diam. Segera temui dokter untuk memastikan kondisi kesehatan janin. Setiap kali ada perasaan aneh, sebaiknya Anda langsung bilang ke suami untuk kemudian diperiksakan ke dokter.

Untuk mencegah keguguran diam-diam, sebaiknya periksakan kondisi janin secara berkala. Dengan demikian risiko keguguran itu bisa berkurang karena perkembangan janin selalu diawasi dengan baik.

Pastikan asupan makanan serta gizi Anda tercukupi selama masa kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah bayi terlahir cacat.

(YG)

Comment di sini