Kredit Mobil: Leasing vs Bank

by
April 21st, 2014 at 9:29 am

CiriCara.com – Saat ini kebanyakan orang lebih memilih kredit saat akan membeli kendaraan bermotor, seperti mobil. Proses yang mudah dan juga uang muka yang terjangkau menjadi salah satu alasan banyak orang memilih kredit ketimbang membayar kontan (cash).

kredit mobil toyota

Mengajukan kredit mobil – Ist

Melalui sistem kredit, Anda bisa memiliki mobil idaman hanya dengan membayar uang muka. Namun untuk selanjutnya, Anda tentunya diharuskan untuk membayar uang cicilan setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan.

Sistem pembelian dengan cara kredit ini bisa dilakukan melalui bank atau leasing. Kedua lembaga tersebut mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing. Jadi terserah Anda mau pilih pihak bank atau leasing.

Jika masih bingung juga, Anda bisa menyimak ulasan singkat mengenai kredit mobil lewat bank ataupun leasing berikut ini:

1. Keuntungan dan kekurangan bank

Menurut Deputy Diretor BCA Finance Punto Nugroho, sistem kredit yang ditawarkan bank mempunyai keuntungan berupa bunga yang lebih rendah. Hal ini sangat menguntungkan Anda yang ingin mengajukan kredit mobil dalam jangka waktu yang lama.

Namun, prosesnya agak rumit karena prosedur yang dibutuhkan harus lengkap. Pengaju kredit harus mengurus sendiri segala persyaratan. Lalu, ada survei rumah dan difoto sebagai bukti. Jelas hal ini sangat merepotkan, apalagi bagi Anda yang sudah tidak sabar lagi untuk membeli mobil.

2. Keuntungan dan kekurangan leasing

Bagi Anda yang malas mengurus berkas, leasing bisa jadi pilihan tepat untuk mengajukan kredit mobil. Hal ini karena prosedur kredit yang diterapkan pihak leasing lebih mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir, memberikan slip gaji, fotocopy kartu keluarga, dan juga KTP.

Namun, berbeda dari pihak bank, pihak leasing biasanya akan menerapkan bunga yang lebih tinggi. Hal ini jelas akan merugikan Anda yang ingin kredit mobil dalam jangka waktu yang lama.

memilih kredit mobil

Kredit mobil – Ist

3. Uang muka besar atau kecil

Sesuai dengan peraturan pemerintah, pengaju kredit harus membayar uang muka (down payment = DP) minimal 30 persen dari total harga mobil yang akan dibeli. Namun, Anda juga bisa membayar uang muka lebih dari 30 persen dengan keuntungan biaya cicilan akan lebih ringan atau murah.

Kalau sudah bicara cicilan, Anda sebaiknya memilih lembaga yang menawarkan bunga kredit yang lebih rendah.

Meskipun demikian, para calon pengkredit disarankan untuk mengumpulkan uang yang banyak untuk DP. Jangan buru-buru ingin mendapatkan mobil, namun malah kesusahan dalam membayar cicilannya nanti. Sebaiknya Anda harus sudah punya tabungan.

(YG)

Comment di sini