Kredit Rumah: Cara Membeli Rumah KPR

by
April 21st, 2014 at 11:52 am

CiriCara.com – Mempunyai rumah yang dibeli dari hasil jerih payah sendiri adalah impian setiap kepala keluarga. Banyak yang mengaku malu jika terus-terusan tinggal di rumah mertua. Ingin beli rumah sendiri tapi uangnya masih belum cukup.

kredit rumah atau kpr

Kredit rumah – Ist

Saat ini sudah tersedia sistem kredit dalam pembelian rumah atau biasa disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Cara ini memudahkan Anda dalam membeli rumah dengan dana yang terbatas. Namun, Anda tetap harus membayar sisanya dengan cara dicicil.

Daripada Anda membayar uang kontrakan, lebih baik Anda membayar uang cicilan untuk KPR. Dan saat KPR tersebut sudah lunas, Anda pun bisa memiliki rumah idaman tersebut seutuhnya. Bagaimana, apakah Anda tertarik membeli rumah melalui KPR?

Berikut cara membeli rumah melalui sistem KPR:

1. Memilih rumah idaman

Silakan Anda datangi developer perumahan yang ada di kota Anda. Tanyakan detail tipe rumah, harga rumah, luas tanah, status surat tanah, DP rumah, dan tanyakan juga pihak bank mana saja yang sudah bekerja sama dengan devloper tersebut. Namun, sebaiknya jangan dulu memberikan uang booking fee sebelum pengajuan KPR Anda disetujui pihak bank.

2. Pilih bank KPR

Setelah mendapat referensi dari pihak devloper perumahan, Anda bisa mulai memilih bank mana yang akan Anda pakai untuk mengajukan KPR. Utamakan memilih bank yang memberikan suku bunga terendah agar cicilan KPR tidak terlalu mahal.

3. Lengkapi semua persyaratan

Untuk bisa mengajukan KPR, Anda harus melengkapi semua persyaratan yang diminta pihak bank. Biasanya, persyaratan yang diminta berupa data pribadi dan data pekerjaan atau pun tempat usaha jika Anda merupakan pengusaha.

simpan uang di rumah

Menyimpan uang di rumah – Ist

4. Bayar DP rumah

Setelah pengajuan KPR telah disetujui oleh pihak bank, selanjutnya Anda tinggal membayar uang muka (DP kredit rumah). Mengenai besar kecilnya DP rumah itu ditentukan berdasarkan kesepakatan Anda dengan pihak devloper, selaku penjual rumah. Minta kwitansi pembayaran yang dilengkapi dengan materai sebagai bukti, simpan baik-baik jangan sampai hilang.

5. Akad kredit rumah

Biasanya pihak bank akan menentukan kapan Anda melakukan akad kredit rumah dengan pihak devloper. Pada saat akad kredit ini, biasanya akan muncul biaya-biaya yang harus Anda bayar. Seperti, biaya notaris, biaya administrasi, biaya asuransi jiwa, dan asuransi kebakaran rumah. Jadi ada baiknya Anda tanyakan dulu ke pihak bank, sebelum melakukan akad kredit rumah.

Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah lewat KPR.

(YG)

Comment di sini