Masih Banyak Warga yang Pilih Caleg Almarhum

by
April 21st, 2014 at 4:44 pm

CiriCara.com – Caleg yang sudah meninggal dunia atas nama H Nur Iswanto SH MH, ternyata menang telak di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Almarhum tercatat sebagai Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Gerindra.

pemilihan umum

Ilustrasi Pemilu – Ist

Jumlah suara yang didapat Nur Iswanto di Kabupaten OKU bahkan menjadi yang terbanyak kedua dengan perolehan 2.705 suara. Untuk di Kecamatan Lubuk Raja jumlah suara untuk Nur Iswanto menang telak, yakni 403 suara.

Hasil suara yang diperoleh Nur Iswanto itu pun sontak membuat banyak pihak terkejut. Apalagi diketahui bahwa Nur Iswanto telah meninggal dunia. Hal ini pun sontak menjadi pembicaraan hangat warga di Kabupaten OKU.

Baca juga: Hasil Hitung Cepat Pemilu Legislatif 2014.

Dari pengakuan pedagang di pasar tradisional, Pasar Lama di Kota Baturaja, warga sebenarnya tidak begitu mengenal sosok Nur Iswanto. Namun, karena banyaknya spanduk kampanye pencalegan Nur Iswanto, akhirnya warga pun mencoblosnya.

“Tidak kenal. Cuma tiap ke pasar tejingok posternya besak niak di pasar kito coblos bae,” kata seorang pedagang sayur di pasar tersebut.

Hal serupa juga terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Caleg DPD RI asal Lombok Barat, NTB dengan nama H Lalu Najatul Akbar yang telah meninggal dunia juga berhasil meraup suara yang cukup banyak, yakni 245 suara.

Padahal sebelumnya, pihak KPU sudah memberitahukan kepada warga bahwa caleg tersebut sudah meninggal. Namun tetap saja ada warga yang mencoblos caleg tersebut pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

“Masyarakat mungkin pertama karena memang tidak tahu atau kedua karena penasaran jadi coblos saja,” ujar Ketua KPU Kota Mataram Ainul Asikin di Mataram, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (21/4/2014).

Meskipun sangat disayangkan, Asikin menjelaskan bahwa surat suara yang mencoblos caleg almarhum tersebut tetap sah dan akan dicantumkan di dalam berita acara pemilu bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia.

(YG)

Comment di sini