3 Alasan Kenapa Anda Harus Meninggalkan Media Sosial

by
April 22nd, 2014 at 10:54 am

CiriCara.com – Kehidupan modern yang didominasi oleh beraneka ragam gadget yang membuat para penggunanya bisa melakukan apapun secara instan. Salah satu bagian dari kehidupan yang dibuat ‘instan’ di era ini adalah bersosialisasi. Alhasil, banyak media sosial mulai menjamur sejak beberapa tahun silam.

Sebut saja media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr, dan lainnya berada di urutan atas situs yang paling banyak diakses di internet. Lebih dari 90 % pemakai gadget pasti menginstal aplikasi media sosial tersebut dalam perangkat pintar mereka agar mudah diakses di mana saja.

Media sosial memang bisa menghubungkan siapa saja dalam dunia maya sehingga komunikasi menjadi lebih lancar. Namun jangan salah, media sosial juga memiliki beragam dampak negatif yang mungkin sudah bisa dirasakan sendiri oleh si pengguna.

Salah satu dampak buruk penggunaan media sosial adalah berkurangnya aktivitas silaturahmi di dunia nyata. Merasa komunikasi lewat dunia maya lebih mudah dilakukan, orang-orang enggan bertemu atau menjalin hubungan lagi secara nyata. Media sosial juga memberi celah pada para pelaku kejahatan untuk beraksi. Tak terhitung banyaknya kasus pelecehan seksual, penipuan, dan pembunuhan yang terjadi akibat peyalahgunaan media sosial.

Dengan berbagai fenomena buruk yang terjadi karena internet dan media sosial, sudah seharusnyakah kita meninggalkan media sosial untuk selamanya?

Dilansir dari Forbes, ada beberapa alasan kuat yang membuat kita harus segera beralih dari media sosial yaitu:

1. Merasa minder

Merasa minder / Media Bistro

Merasa minder / Media Bistro

Ya, kita akan mudah merasa minder dan tidak percaya diri lantaran penggunaan media sosial yang berlebihan. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa lebih dari 50% pengguna media sosial mendapati dampak negatif dalam hidup mereka usai menggunakan media sosial.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter sering membanding-bandingkan diri mereka dengan teman-teman mereka lewat status yang ditampilkan di timeline sehingga cenderung minder dan tidak lagi percaya diri.

Comment di sini