5 Istilah yang Harus KPOPers Tahu

by
April 22nd, 2014 at 9:54 am

CiriCara.com – Korea Pop atau biasa disebut KPOP memang sudah populer di Indonesia. Karenanya, makin banyak para remaja yang mendadak masuk ke dunia KPOP karena ngefans sama artis-artis Korea. Apakah kamu juga termasuk?

korea pop

KPOP – Ist

Orang yang menjadi penggemar atau penggila artis Korea, boyband/girlband atau drama, itu biasa dipanggil dengan nama KPOPers. Seorang dikatakan KPOPers itu bisa dilihat dari ciri-ciri ataupun tingkah lakunya saat nonton konser atau drama Korea.

Jika kamu merupakan KPOPers baru, tentunya ada beberapa “ilmu” per-KPOP-an yang belum banyak kamu tahu. Untuk itu, kamu harus banyak belajar agar tidak dibuat bengong saat berkomunikasi dengan sesama KPOPers.

Berikut ada penjelasan arti 5 istilah dalam dunia per-KPOP-an yang perlu kamu tahu:

1. Fandom

Saat memutuskan untuk jadi KPOPers, hal pertama yang sering ditanyakan adalah fandom kamu apa? Nggak usah panik. Fandom adalah komunitas fans yang bakal kamu pilih. Contohnya: kalau kamu suka Band Kotak, berarti fandom kamu Kerabat Kotak.

Karena ini dunia KPOP, maka fandom yang bisa kamu pilih adalah SONE (fans SNSD), VIP (fans BIGBANG), Cassiopeia (fans DBSK), ELF (fans SUPER JUNIOR), dan masih banyak lainnya.

2. Fangirl/Fanboy

Nggak usah bingung kalau ada KPOPers yang nanya kamu Fanboy ya? Jawab saja iya atau bukan. Fangirl itu untuk KPOPers cewek sedangkan Fanboy itu untuk KPOPers cowok. Kalau kamu cowok tapi kecewek-cewek-an, itu baru ngebingungin.

3. Bias

Kata yang satu ini emang ngebingungin, sering kita menduga kalau KPOPers salah ketik karena kurang huruf “a” di akhir katanya. Padahal, bias dalam dunia KPOP itu artinya artis mana yang paling kamu suka. Contoh: Bias lo di 2NE1 siapa? ya tinggal jawab salah salah satu nama personelnya, bisa Park Bom, Lee Chaerin, Sandara Park, atau Gong Miji.

Bias juga kadang dianggap suami, istri, pacar, tunangan, bahkan selingkuhan.

Park Bom 2NE1 - Ist4. Fanwar

Fan artinya penggemar dan War artinya perang. Jika disatukan, fanwar artinya adalah perang antar penggemar (fandom). Perang di sini bukan pakai pisau atau pedang. Biasanya fanwar KPOPers ini hanya berupa adu mulut atau komentar di forum internet. Intinya sih, fanwar ini nggak baiik, cuma bikin image fandom kamu rusak. Jadi stop fanwar!

5. Intro

Mungkin di antara kamu ada yang pernah ditanya KPOPers “intro dong”. Kata intro di sini bukan berarti kamu disuruh nyanyikan intro lagu. Maksud intro tersebut adalah salam perkenalan antar sesama KPOPers. Tulis saja, Nama(spasi)Jenis Kelamin(spasi) Fandom (spasi)Kota Asal. Formatnya sih sebenarnya bebas, mau nama duluan atau fandom duluan.

Contoh: Markonah imnida, yeoja, SONELFSHAWOL, Garut

Itulah penjelasan singkat mengenai istilah dalam dunia KPOP. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu para KPOPers yang masih baru.

(YG)

Comment di sini