Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

by
April 22nd, 2014 at 4:58 pm

CiriCara.com – Seringkali urusan permodalan menjadi kendala seseorang yang ingin membuka usaha. Banyak ide-ide usaha yang kreatif namun tidak bisa direalisasikan karena kurangnya modal untuk membuka usaha tersebut.

pinjaman modal usaha

Pinjaman modal usaha – Ist

Sebenarnya ada banyak cara agar bisa mendapatkan modal untuk usaha, salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman. Anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bisa juga kredit bisnis yang diajukan ke pihak bank.

Namun, banyak orang mengaku takut jika meminjam modal usaha ke pihak bank. Mereka takut tidak bisa membayar tagihan atau cicilan dari pinjaman modal tersebut. Apakah Anda juga takut meminjam modal usaha ke bank?

Berikut ada beberapa cara untuk mengajukan pinjaman modal ke pihak bank yang bisa Anda pelajari:

1. Kumpulkan informasi

Cari informasi sebanyak mungkin mengenai bank mana saja kah yang bisa memberikan KUR. Anda jangan khawatir tidak bisa mengembalikan pinjaman atau kredit. Biasanya pihak bank sudah lebih tahu apakah Anda mampu atau tidak. Jika disetujui, itu artinya pihak bank percaya usaha Anda akan sukses.

2. Siapkan dokumen

Pihak bank biasanya akan meminta Anda untuk melengkapi sejumlah dokumen sebelum pengajuan kredit disetujui. Berikut persyaratan dalam mengajukan Kredit Usaha Rakyat:

- Dokumen identitas penerima KUR: seperti KTP, Kartu Keluarga, Keterangan Domisili.
- Legalitas Usaha, seperti Akte Pendirian Usaha dan Data Usaha.
- Perizinan Usaha, seperti SIUP, TDP, Izin gangguan HO, dll
- Laporan Keuangan Usaha
- Proposal Usaha
- Persyaratan lain sesuai ketentuan Bank (tiap bank bisa berbeda)
- Persiapkan jaminan atau agunan jika dibutuhkan (namun tidak berlaku untuk Kredit Tanpa Agunan dan KUR Ritel).

karir impian

Karir impian – Ist

3. Wawancara

Sebelum pengajuan KUR disetujui, biasanya akan ada sesi wawancara yang dilakukan oleh Account Officer (AO). Biasanya dilakukan secara langsung di bank maupun lewat telepon. Dalam wawancara ini Anda akan ditanya soal usaha Anda, jadi jawab dengan jelas dan gamblang.

Dalam pengajuan KUR tersebut, hendaknya Anda juga mempertimbangkan besarnya bunga yang ditetapkan. Jika usaha Anda masih sederhana, maka pilihlah Kredit Usaha Rakyat yang dijamin pemerintah.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini