Video: Meteor Bentuk Bola Api Meledak di Langit Rusia

by
April 22nd, 2014 at 11:44 am

Murmansk (CiriCara.com) – Sebuah bola api tertangkap kamera meledak di atas langit Kota Murmansk, Rusia pada Sabtu, 19 April 2014 dinihari sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Sebagian saksi mata menduga bahwa bola api itu adalah meteorit yang jatuh.

meteor jatuh

Meteor jatuh di Rusia – Youtube

Seperti dikabarkan RT News dan dilansir Space.com, seorang saksi mata mengidentifikasikan bola api itu sebagai “sampah” luar angkasa yang menembus atmosfer bumi. Karenanya benda tersebut terlihat seperti bola api yang bercahaya terang.

“Sejumlah orang menduga obyek tersebut mungkin puing-puing luar angkasa yang masuk kembali ke atmosfer,” demikian yang dikabarkan RT News, seperti dikutip dari situs Space.com, Selasa (22/4/2014).

Meskipun demikian, aparat setempat masih belum bisa mengonfirmasi kebenaran dari kabar meteor jatuh tersebut. Dugaan sisa meteor tersebut mendarat di suatu tempat pun masih belum terbukti.

Namun, sejumlah pengunjung Youtube yang melihat rekaman video meteor jatuh itu pun sontak langsung heboh. Ada beberapa di antaranya yang tidak percaya ada meteor jatuh lagi di wilayah Rusia.

Seperti diketahui, pada 15 Februari 2013 lalu, ada sebuah meteor yang meledak di langit Chelyabinsk, Rusia. Sebanyak 1.500 orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat ledakan meteor yang menyebabkan pacahnya kaca-kaca jendela di kota di bawahnya.

Saat itu, asteroid selebar 20 meter meledak di ketinggian 23 km di atas tanah. Kedatangan asteorid itu tidak terdeteksi, sehingga tidak ada peringatan bahaya sebelum kejadian tersebut terjadi.

Atas kejadian itu, sejumlah ilmuwan pun mengatakan bahwa insiden meteor Chelyabinsk itu bisa menjadi peringatan akan ancaman meteor jatuh lagi di kemudian hari. Menurut para peneliti, ada kurang dari 11.000 meteor berkeliaran di sekitar planet bumi.

Berikut video meteor jatuh di Murmansk seperti yang diunggah RT News di Youtube:

(YG)

Comment di sini