6 Penyebab Nyeri Perut Saat Menstruasi

by
April 23rd, 2014 at 2:11 pm

CiriCara.com – Sudah umum para wanita akan mengalami kram perut atau nyeri perut saat sedang menstruasi. Menstruasi adalah kejadian bulanan yang dialami wanita dimana tubuh merontokkan dinding rahim kemudian menyalurkannya ke lubang kecil terbuka pada leher rahim dan mengeluarkannya melalui vagina.

Rasa nyeri ini bisa menjadi berlebihan dan sangat mengganggu aktivitas. Maka perlu langkah untuk mengatasi rasa nyeri haid tersebut. Sebelumnya, mari simak kemungkinan penyebab rasa nyeri saat menstruasi seperti yang dikutip dari Healthline.

1. PMS (Premenstrual Syndrome)

PMS / Ist

PMS / Ist

Premenstrual syndrome (PMS) adalah kondisi yang mempengaruhi emosi, kesehatan fisik, dan perilaku wanita selama beberapa hari tertentu sebelum datangnya masa menstruasi. Gejala PMS ini biasanya mulai 11 hari sebelum menstruasi dan menghilang setelahnya. Penyebab PMS sendiri belum diketahui tapi banyak peneliti percaya bahwa perubahan tingkat hormon pada awal siklus menstruasi merupakan faktor utama penyebabnya. Tingkat estrogen dan progesteron menaik pada waktu-waktu tertentu dalam sebulan. Peningkatan hormon inilah yang mengakibatkan perubahan mood, kegelisahan, dan cepat marah.

Comment di sini