Cara Menghilangkan Karang Gigi

by
April 23rd, 2014 at 11:48 am

CiriCara.com – Selain gigi belubang, karang gigi juga menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan. Apalagi karang gigi ini merupakan penyebab dari bau mulut. Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan karang gigi?

cara bersihkan gigi

Membersihkan Gigi – Ist

Membiarkan karang gigi ternyata bisa berakibat lebih buruk secara estetika dibanding dengan gigi berlubang. Pasalnya, karang gigi bisa membuat tulang penyangga gigi akan melemah dan menyebabkan gigi jadi goyang dan lepas. Sisa tulang itu akan turun dan akhirnya jadi peyot.

Idealnya, karang pada gigi harus dibersihkan setiap 6 bulan sekali. Namun, bagi Anda yang mempunyai kepekatan air liur lebih tinggi, disarankan untuk membersihkan karang gigi setiap 3 bulan atau 4 bulan sekali.

Berikut cara sederhana menghilangkan karang gigi:

1. Sikat gigi

Pembentukan karang gigi bisa dicegah dengan cara sikat gigi. Anda disarankan untuk sikat gigi minimal dua kali sehari. Selain gigi, gusi juga perlu dibersihkan. Caranya, bersihkan gusi bagian atas, arahkan sikat gigi dengan menggosoknya dari arah atas ke bawah. Sedangkan untuk gusi rahang bawah, menggosoknya dari bawah ke atas.

2. Makan buah apel

Selain mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, buah apel juga ternyata bisa membantu membersihkan plak dan karang gigi. Disarankan untuk konsumsi buah apel tanpa mengupas kulit luarnya setelah selesai makan, terutama makan malam.

3. Memakai cengkeh

Cengkeh dipercaya bisa menguatkan gigi dan juga menghilangkan karang gigi. Kebiasaan memakai cengkeh untuk membersihkan gigi ini sudah dilakukan sejak dulu oleh nenek moyang kita. Caranya, siapkan 7 buah cengkeh, tumbuk sampai halus lalu gosokkan pada karang gigi. Selain menggosoknya langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan air untuk berkumur.

Ciricara-Gosok Gigi4. Biji asam kawak

Di beberapa daerah asam kawak juga dikenal dengan nama asam jawa. Biji asam kawak ini ternyata sangat berguna untuk membersihkan karang gigi. Caranya, sangrai beberapa biji asam kawak, kemudian haluskan dan gosokkan pada karang gigi.

5. Cairan pembersih mulut

Saat ini banyak tersedia cairan pembersih mulut yang berguna untuk menghilangkan karang gigi. Selain itu, cairan pembersih mulut ini juga ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa memilih cairan pembersih mana yang cocok untuk Anda. Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut bisa membantu gigi Anda tetap bersih.

Untuk membersihkan karang gigi secara maksimal, sebaiknya Anda datang langsung ke dokter gigi. Karena ada karang gigi yang hanya bisa dihilangkan dengan alat khusus yang hanya dilakukan oleh dokter gigi.

(YG)

Comment di sini