Cara Mudah Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

by
April 23rd, 2014 at 2:56 pm

CiriCara.com – Baru-baru saja media Singapura menyoroti jam tangan Jenderal Moeldoko, Panglima TNI yang disebut-sebut memiliki jam tangan langka dan mahal. Jam tangan Richard Mille  dengan tipe Felipe Massa Flyback Cornograph Black Kite ini memiliki estimasi harga lebih dari Rp. 1 miliar per unitnya. Wah, sebuah harga yang fantastis!

Namun pernyataaan media Singapura ini dengan tegas dibantah oleh Moeldoko. Menurutunya jam tangan super mahal yang dituduhkan menjadi miliknya itu hanyalah jam tangan “KW” atau palsu. Sekilas secara desain, jam tangan itu memang mirip dengan jam tangan Felippe Massa asli sehingga tak heran media pun terkecoh dibuatnya. Moeldoko mengatakan bahwa ia membeli jam tangan itu senilai Rp. 4,7 juta saja.

Fenomena jam tangan “KW” atau palsu seperti yang dipakai oleh Sang Jenderal memang sudah menjadi rahasia umum. Berbagai produk palsu yang dibuat oleh produsen nakal sengaja dimirip-miripkan dengan produk asli. Jika Anda tak jeli sebagai konsumen, maka Anda akan mendapati jam tangan palsu yang dijual dengan harga yang sangat mahal.

Untuk menghindari hal ini, kenali dulu perbedaan jam tangan asli dan palsu. Gunakan cara berikut ini agar Anda tidak tertipu saat membeli jam tangan:

1. Harga dan distributor

Jam tangan asli atau palsu? / Ist.

Jam tangan asli atau palsu? / Ist.

Dari sisi harga, sebenarnya Anda sudah bisa mengetahui mana jam tangan yang asli, mana yang palsu. Jam tangan palsu atau “KW” biasanya akan dijual dengan harga yang jauh di bawah standar. Misalnya saja jam tangan yang dipakai oleh Jenderal Moeldoko. Jam yang aslinya berharga Rp. 1 miliar lebih hanya dijual dengan kisaran Rp. 4,7 juta saja. Jelas jika pernyataan Jendera Moeldoko benar, maka jam tangannya adalah palsu.

Selain masalah harga, teliti juga distributor atau penjual tempat Anda membeli jam tangan. Jika nama toko tersebut tidak terdaftar dalam agen resmi si produsen, kemungkinan besar distributor itu menjual jam tangan palsu.

Comment di sini