Kredit Mobil: Proses Kredit Mobil Bekas

by
April 23rd, 2014 at 10:43 am

CiriCara.com – Bagi sebagian orang membeli mobil bekas jauh lebih menguntungkan dibanding membeli mobil keluaran terbaru. Hal ini tentu karena harganya yang jauh lebih murah dan juga proses pembelian yang lebih mudah.

jual beli mobil

Kredit Mobil Bekas – Ist

Meskipun harganya yang murah, tidak semua orang punya uang yang cukup untuk membeli mobil bekas. Sudah mengumpulkan uang dengan menyisihkan separuh gaji, ternyata baru terkumpul setengahnya untuk membeli mobil. Harus bagaimana?

Tidak perlu bingung, saat ini sudah banyak sekali showroom atau dealer mobil bekas yang menawarkan pembelian dengan cara kredit. Anda bisa membeli mobil impian dengan cara mencicil sisa pembayarannya tiap bulan, sesuai kesepakatan.

Berikut proses pengajuan kredit mobil bekas:

1. Datangi showroom/dealer

Anda bisa langsung datang ke showroom atau dealer mobil bekas terdekat. Minta data atau simulasi kredit atas unit mobil yang Anda ingin beli. Nantinya Anda akan mendapatkan rincian mengenai besarnya uang muka (DP) dan juga besarnya cicilan tiap bulannya.

2. Lengkapi persyaratan

Untuk mengajukan kredit, Anda akan diminta untuk melengkapi persyaratan kredit sebagai berikut (tiap showroom/dealer bisa berbeda):
- Foto Copy KTP suami/istri
- Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
- Foto Copy Slip Gaji (bagi karyawan) atau SIUP (bagi pengusaha)
- Foto Copy Rekening Tabungan atau Rekening Koran (Cover 3 bulan terakhir)
- Foto Copy PBB atau Rekening Listrik atau Rekening Telepon

3. Penandatanganan dokumen

Setelah semua persyaratan kredit lengkap, Anda akan diminta untuk menandatangani dokumen kontrak kredit. Ada baiknya Anda baca baik-baik keterangan dalam kontrak tersebut sebelum tanda tangan. Jika sudah tandatangan, itu artinya pengajuan kredit Anda disetujui.

memilih kredit mobil

Kredit mobil – Ist

4. Cek keabsahan BPKB mobil

Biasanya pihak dealer akan melakukan pengecekan keabsahan BPKB mobil di Polda. Jika BPKB tersebut sah, Anda bisa langsung membawa mobil tersebut. Nantinya, pembeli akan mendapatkan salinan dari dokumen kontrak yang sudah ditandatangani.

Itulah beberapa proses atau prosedur pengajuan kredit mobil bekas. Tidak seperti membeli mobil baru, proses kredit mobil bekas ini memang lebih cepat dan lebih sederhana.

(YG)

Comment di sini