Kredit Rumah: Keuntungan KPR Syariah

by
April 23rd, 2014 at 4:12 pm

CiriCara.com – Kredit pemilikan rumah (KPR) sudah menjadi pilihan banyak keluarga untuk memiliki rumah idaman. Pengajuan KPR ini bisa dilakukan melalui pihak bank. Masih bingung mau pilih KPR bank konvensional atau KPR bank syariah?

kredit pemilikan rumah

KPR Syariah – Ist

KPR itu sendiri adalah salah satu fasilitas kredit pembelian rumah yang dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak perbankan. Dan kemudian si pengaju kredit akan membayar biaya cicilan perbulan ke pihak bank sampai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan (lunas).

Banyak yang bilang kalau KPR bank syariah itu lebih menguntungkan dibanding KPR bank konvensional. Benarkah? Sebenarnya apa sih yang membedakan KPR bank konvensional dengan KPR bank syariah. Kenapa bisa berbeda?

Bank syariah adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanannya berdasarkan hukum Islam. Hal inilah yang membuat bank syariah dengan bank konvensional berbeda. Di mana bank syariah tidak menerapkan istilah bunga kredit (yang dilarang Islam). Itu artinya, biaya angsuran KPR bank syariah tidak akan berubah sampai lunas.

Lalu dari mana bank syariah bisa mendapat untung?

Bank syariah tidak memakai sistem bunga kredit tapi pakai sistem jual beli (murabahah), di mana pihak bank syariah akan membeli rumah yang diinginkan si pengaju KPR sebesar harga rumah tersebut, kemudian menjualnya lagi ke pengaju KPR dengan sistem kredit.

Harga jual rumah tersebut nantinya akan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank syariah dan si pengaju KPR. Misalnya, bank syariah membeli rumah dari devloper Rp 200 juta, dijual ke Anda Rp 300 juta, setelah ditambah margin keuntungan.

kredit rumah atau kpr

Kredit rumah – Ist

Dengan KPR syariah ini Anda tidak akan dipusingkan dengan masalah naik/turunnya angsuran ketika suku bunga bergejolak. Besarnya angsuran yang harus dibayarkan tiap bulannya tidak akan berubah sampai lunas.

Anda juga akan diuntungkan ketika ingin melunasi angsuran sebelum masa kontrak berakhir, karena bank syariah tidak akan mengenakan pinalti. Bank syariah tidak memberlakukan sistem pinalti karena harga KPR sudah ditetapkan sejak awal.

Meskipun demikian, margin keuntungan yang diterapkan bank syariah itu berbeda-beda. Karenanya, disarankan untuk memilih bank syariah yang menerapkan margin keuntungan rendah agar rumah yang Anda beli tidak terlalu mahal dari harga aslinya.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini