5 Aktivitas Fisik yang Harus Dihindari Saat Hamil

by
April 24th, 2014 at 10:14 am

CiriCara.com – Latihan fisik atau olahraga ringan memang sangat dianjurkan bagi wanita hamil agar melatih kekuatan ibu dan bayi. Namun, ada aktivitas tertentu yang harus dihindari agar tidak membahayakan janin dalam kandungan. Disarankan agar wanita hamil tidak melakukan pekerjaan yang berat-berat. Jika olahraga, sebaiknya pilih olahraga yang cocok untuk wanita berbadan dua.

Berikut beberapa aktivitas fisik yang harus dihindari selama kehamilan:

1. Melakukan pekerjaan yang banyak berdiri

Hindari berdiri terlalu lama / Food Safety News

Hindari berdiri terlalu lama / Food Safety News

Kegiatan seperti memasak atau pekerjaan sebagai perawat, pelayan restoran, penjaga toko, dan lain sebagainya yang mengharuskan wanita banyak berdiri sebaiknya dihindari terlebih dahulu saat hamil. Selain menyulitkan ibu hamil, banyak berdiri juga dapat berdampak buruk pada janin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjam-jam berdiri selama kehamilan dapat mengganggu peredaran darah. Pekerjaan yang mengharuskan banyak berdiri meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil serta lahir prematur.

Itulah sebabnya wanita hamil yang bekerja dengan tumpuan kaki selama 4 jam sehari harus berhenti sebelum minggu ke-24 kehamilan. Bagi yang berdiri selama lebih dari 30 menit harus berhenti atau ganti pekerjaan sebelum minggu ke-32. Namun bagi wanita hamil yang sudah nyaman dengan pekerjaannya dan tidak mengalami masalah kesehatan, mereka tetap bisa menjalankan pekerjaannya.

Comment di sini