Cara Aman dari Copet di Bus Transjakarta

by
April 24th, 2014 at 1:46 pm

CiriCara.com – Kasus pencopetan di bus transjakarta ternyata masih saja terjadi. Dompet, handphone, gadget, dan juga barang berharga lainnya sering menjadi sasaran operasi para pencopet. Anda harus waspada jika naik bus transjakarta atau busway.

busway

Penumpang Bus Transjakarta – Ist

Seperti yang kita tahu, busway merupakan salah satu transportasi umum favorit kebanyakan warga Jakarta. Antrean panjang ratusan penumpang sudah menjadi pemandangan yang biasa terjadi di halte-halte busway.

Penumpang sering bedesak-desakan baik saat menunggu bus datang maupun saat di dalam bus. Kondisi seperti ini lah yang sering dimanfaatkan pelaku pencopetan untuk mencuri barang bawaan penumpang busway. Jangan sampai barang bawaan Anda pindah ke pencopet.

Berikut cara aman dari pencopet di bus transjakarta:

1. Harus waspada

Jangan mudah tertipu dengan penampilan, karena pencopet di busway juga menggunakan pakaian ala kantoran untuk mengelabui calon korbannya. Waspada jika ada orang yang berkelakuan aneh didekat Anda, bila perlu laporkan ke petugas agar ditindak.

2. Simpan barang berharga

Anda yang akan naik busway disarankan untuk menyimpan barang berharga Anda di tempat yang aman. Memainkan handphone atau menunjukan barang berharga saat menunggu dan naik busway hanya akan memicu niat pelaku untuk mencuri barang Anda tersebut.

3. Tas di depan badan

Sebaiknya posisikan tas di depan badan, jangan disandang jika kondisi busway tengah penuh sesak. Hal ini mencegah orang lain membuka tas Anda dari samping atau belakang. Karena bisa saja pencopet itu beraksi saat Anda sedang lengah.

Bus Transjakarta - Ist

Bus Transjakarta – Ist

4. Jangan ketiduran

Beberapa orang sering ketiduran saat naik busway. Namun, sebaiknya Anda tidak mengikuti kebiasaan tidur tersebut. Hal ini menghindari barang Anda diambil oleh pencopet. Sebaiknya, tahan rasa kantuk Anda sampai tiba di rumah.

5. Lapor petugas

Jika Anda merasa telah menjadi korban pencopetan, segera laporkan ke petugas jaga transjakarta. Nantinya, petugas akan langsung melakukan penggeledahan kepada semua penumpang agar pelaku pencopetan bisa ditangkap.

Hindari memakai perhiasan, baik itu gelang maupun kalung, apalagi jika kondisi busway tengah penuh sesak. Sebaiknya simpan perhiasan Anda di rumah, jangan dipakai jika berpergian menggunakan transportasi umum.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini