Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang

by
April 24th, 2014 at 8:46 am

CiriCara.com – Beredar kabar bahwa banyak dijual es batu yang terbuat dari air mentah tanpa dimasak dulu. Air mentah yang tidak mengalami proses perebusan banyak mengandung bakteri dan mikroba yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, air yang dipakai mungkin saja air sungai. Menjijikan? Tentu saja.

Anda yang sering jajan di luar pasti menjadi takut minuman yang Anda beli memakai es batu mentah. Karena itu kita perlu tahu perbedaan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang supaya kita lebih bijak saat membeli es batu atau minum es di luar rumah.

1. Es Batu dari Air Mentah

Es batu dari air mentah / Ist

Es batu dari air mentah / Ist

Bakteri E.coli atau Escherichia coli yang biasa dijumpai pada air minum bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi pada es batu yang terbuat dari air mentah dimana bakteri E.coli belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Bakteri ini dapat menyebabkan masalah pencernaan serius yang ditandai dengan diare dan mual. Selain itu bahaya bakteri E.coli lainnya adalah menghasilkan racun yang merusak ginjal dan melemahkan dinding usus kecil pada anak-anak.

Ciri-ciri es batu dari air mentah antara lain warnanya putih dan terdapat gelembung-gelembung yang terperangkap di dalam es. Es semacam ini dijumpai pada es balok dan es bungkusan plastik.

Untuk menghindari mengonsumsi es batu mentah, lebih baik di rumah punya lemari es sendiri untuk membuat es. Atau jika harus membeli, belilah di tempat yang terpercaya akan kebersihan dan kematangan air yang dijadikan es.

Comment di sini