Cara Mencari Kerja Buat Orang Pemalu

by
April 24th, 2014 at 10:48 am

CiriCara.com – Ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah, namun masih malu. Entah kenapa Anda tidak berani bertanya kepada satpam atau perusahaan hanya untuk menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak.

tips untuk pemalu

Orang pemalu – Ist

Rasa malu saat mencari kerja itu memang wajar. Karena di sini Anda akan menghadapi lingkungan yang masih asing bagi Anda sendiri. Namun setelah terbiasa, maka rasa malu itu akan sedikit demi sedikit berkurang.

Menghilangkan sifat malu itu memang tidak mudah. Seringkali dicoba agar tidak jadi orang yang pemalu, tapi akhirnya jadi salah tingkah. Akibatnya Anda malah jadi tambah malu dan tidak bisa konsentrasi saat tes kerja. Harus bagaimana?

Berikut cara mencari kerja buat orang pemalu:

1. Jangan sendirian

Rasa malu itu bisa muncul karena kamu kurang percaya diri. Untuk menyiasatinya, lebih baik Anda mengajak sahabat atau saudara untuk menemani Anda melamar pekerjaan. Dengan demikian rasa malu Anda akan sedikit berkurang.

2. Belajar cuek

Anda malu karena merasa orang-orang terus memperhatikan Anda, padahal belum tentu. Untuk menghilangkan rasa malu, cobalah untuk menjadi orang yang cuek. Tidak usah pedulikan orang mau berpikir apa tentang Anda. Yang perlu Anda perhatikan hanya tes kerja agar bisa segera diterima kerja.

3. Pengalaman orang lain

Anda merasa malu mungkin karena belum tahu harus bagaimana saat melamar kerja. Karenanya, sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya Anda sudah punya bekal. Belajarlah dari pengalaman orang lain, dengan demikian Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan nanti saat melamar pekerjaan.

tips sukses karir

Bekerja – Ist

4. Tahu kelebihan diri sendiri

Rasa malu bisa muncul karena Anda merasa minder dan tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Karena itu, Anda sebaiknya pahami dulu semua kelebihan-kelebihan yang Anda punya. Dengan demikian Anda akan lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan.

5. Minta bantuan

Jika keempat cara di atas tetap tidak membantu, Anda sebaiknya minta bantuan teman atau saudara. Minta lah kepada mereka untuk memasukkan Anda ke dalam perusahaan tempat mereka bekerja sekarang. Karena ada referensi dari orang dalam, Anda tidak perlu lagi merasa malu saat melamar kerja.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda agar cepat mendapatkan pekerjaan. Salam sukses!

(YG)

Comment di sini