Jenis-jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

by
April 24th, 2014 at 1:26 pm

CiriCara.com – Aplikasi riasan yang sempurna dimulai dari alat rias yang tepat. Meski tangan dan jari adalah alat terbaik untuk aplikasi make up, tapi kuas dapat membantu riasan menjadi lebih rata dan halus. Ada banyak jenis dan fungsi kuas make up sesuai dengan penggunaan kosmetik. Bagi para pemula atau yang sedang belajar berdandan, ini panduan lengkap untuk mengenal lebih jauh jenis dan fungsi kuas make up.

1. Wajah

Foundation brush / Ist

Foundation brush / Ist

Untuk aplikasi riasan wajah, khususnya foundation, ada beberapa jenis kuas yang dapat digunakan. Salah satunya yang paling umum adalah foundation brush, kuas dari rambut sintetik dengan bulu-bulu yang lentur dan meruncing untuk menggapai semua bagian wajah. Kuas ini dipakai untuk pengaplikasian foundation bentuk cair atau cream serta meratakan cream blush atau cheek stain.

Stippling brush / Ist

Stippling brush / Ist

Selain kuas reguler tersebut, ada pula kuas jenis lain untuk aplikasi foundation, yakni stippling brush atau duo fibre brush. Kuas ini biasanya terbuat dari campuran rambut kambing dan sintetik berbentuk bulat, melingkar, dan bagian atas rata. Berbeda dengan foundation brush reguler, stippling dan duo fibre brush memberi hasil seperti air-brushed pada wajah dan terlihat lebih natural.

concealer brush / Sephora

concealer brush / Sephora

Untuk meratakan concealer, ada pula concealer brush yang bentuknya seperti foundation brush hanya saja ini versi mininya. Gunakan kuas ini untuk mengaplikasikan concealer pada area bawah mata, noda hitam, bekas jerawat, dan bagian-bagian yang perlu diratakan dengan concealer.

Comment di sini