6 Manfaat Melakukan Tes Darah

by
April 25th, 2014 at 4:07 pm

CiriCara.com – Tes darah adalah prosedur laboratorium penting yang dapat mengidentifikasi kondisi psikologi dan biokimia seseorang. Tes darah rutin setiap setahun sekali merupakan langkah penting bagi orang yang tengah beranjak dewasa untuk mengambil langkah pencegahan terhadap penyakit berbahaya.

Dengan hasil tes darah di tangan, Anda dapat menemui perubahan kritis pada tubuh sebelum terjadinya penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan lain-lain. Pengujian sampel darah ini pun dapat mendorong Anda melakukan program pencegahan secara medis untuk jangka waktu ke depan.

Secara dasar ada tiga jenis tes darah, yaitu biochemical analysis, molecular profiles, dan cellular evaluation. Biochemical Analysis digunakan untuk mengukur kadar sodium, potasium, klorida, bicarbonate, magnesium, kalsium, creatinine, glukosa, dan urea nitrogen. Sementara anatomi molekul dari sel-sel tubuh yang berkaitan dengan penyakit diuji melalui molecular profiles. Cellular evaluation terbagi menjadi tiga, yakni full blood count (mengetahui kondisi darah), cross matching (pengujian sebelum transfusi darah), dan blood cultures (mengetahui adanya bakteri dan jamur pada darah).

Ada beberapa penyakit yang secara umum tidak terlalu menunjukkan adanya tanda atau gejala, jadi tes darah sangatlah penting karena dengan mengetahui kondisi darah maka kita akan tahu penyakit penyakit apa yang tumbuh di tubuh kita. Ingat bahwa tes darah mampu mengindikasikan lebih dari 5.600 kondisi dan penyakit di tubuh.

Berikut 6 manfaat kesehatan yang didapat dari tes darah secara rutin dikutip dari Boldsky.

1. Menghitung Darah

menghitung darah / Medic magic

menghitung darah / Medic magic

Menghitung darah secara keseluruhan mengindikasikan kondisi kesehatan tubuh. Jumlah hemoglobin menunjukkan apakah Anda menderita anemia atau tidak. Jumlah trombosit dapat mengetahui apakah ada penggumpalan darah. Sementara jika ada infeksi, perhitungan jumlah sel darah putih dapat mengabarkannya.

Comment di sini