Cara Membeli Oleh-oleh yang Murah di Tempat Wisata

by
April 25th, 2014 at 9:10 am

CiriCara.com – Berwisata ke suatu tempat tidak lengkap jika pulangnya tidak membawa apa-apa untuk orang rumah. Sudah menjadi hal yang umum jika orang yang habis jalan-jalan selalu membeli oleh-oleh khas dari tempat yang dikunjungi.

tempat membeli oleh-oleh

Pasar oleh-oleh – Ist

Traveling dan oleh-oleh kerap tidak bisa dipisahkan. Meski awalnya hanya berniat untuk jalan-jalan saja, tapi tetap saja akan ada beberapa barang lokal yang akan Anda beli untuk dijadikan oleh-oleh.

Celetukan teman-teman yang sering meminta oleh-oleh saat Anda bicara akan pergi liburan tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan. Jangan sampai teman-teman Anda kecewa karena tidak ada oleh-oleh yang Anda bawa dari liburan itu.

Mau beli oleh-oleh tapi takut harganya kemahalan? Anda bisa ikuti beberapa cara berikut:

1. Tetap tawar

Jangan pernah ragu untuk menawar harga oleh-oleh yang akan Anda beli. Walaupun tempat Anda membeli oleh-oleh itu sudah menentukan harganya, coba untuk tetap menawar. Jika Anda membeli dengan jumlah yang banyak, Anda bisa minta potongan harga ke penjualnya.

2. Bersikap santai

Jangan tunjukan wajah antusias saat di depan penjual. Hal ini menghindari penjual menaikan harga dagangannya karena tahu Anda sangat ingin membelinya. Cobalah untuk tetap bersikap santai agar penawaran yang Anda lakukan berhasil.

3. Bahasa lokal

Penjual oleh-oleh di tempat wisata sering menaikan harga karena dia tahu Anda adalah orang asing. Nah! Jika ada teman yang menguasai bahasa lokal, Anda bisa mengajaknya belanja. Mintalah teman Anda untuk menawar dengan bahasa lokal agar harganya lebih murah.

persiapan liburan

Pergi liburan – Ist

4. Cari informasi

Sebelum membeli oleh-oleh ada baiknya Anda mencari informasi tentang barang atau makanan khas di tempat wisata yang Anda kunjungi. Cari tahu juga harga oleh-oleh tersebut agar tidak kemahalan. Dengan demikian, Anda tidak asal saat menawar.

5. Pilih yang simpel

Saat membeli oleh-oleh, pilih lah barang yang simpel dan mudah dibawa. Hal ini bertujuan agar barang bawaan Anda tidak terlalu berat saat akan pulang nanti. Oleh-oleh yang simpel ini biasa juga berharga lebih murah.

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh berupa makanan, lebih baik cek dulu berapa lama makanan tersebut bisa bertahan. Jangan sampai Anda membawa oleh-oleh yang sudah basi. Jika tidak memungkinkan, lebih baik pilih oleh-oleh lainnya saja.

(YG)

Comment di sini