Cara Mencegah Anak dari Perbuatan Mesum

by
April 25th, 2014 at 1:57 pm

CiriCara.com – Sebagai orangtua yang hidup di zaman modern, Anda sebaiknya lebih ketat lagi dalam mengawasi anak. Jangan sampai anak Anda terjerumus pada hal negatif yang justru akan merusak masa depannya.

pelecehan seksual

Anak-anak lakukan pelecehan seksual – detik.com

Seperti yang terjadi di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, video mesum anak di bawah umur membuat heboh warga. Bagaimana tidak, para pelaku dalam video itu diketahui masih berusia SD dan SMP. Video tersebut beredar sejak tiga hari yang lalu.

Dalam video, 5 pelaku yang masih berusia SD itu terlihat melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis, 13 tahun, yang merupakan salah satu siswi SMP di Palaran. Jelas hal ini tentu menjadi peringatan buat Anda para orangtua.

Jangan sampai anak Anda melakukan hal yang sama! Berikut cara mencegah anak dari perbuatan mesum:

1. Tontonan yang baik

Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengawasi anak dengan baik. Anda harus mendampingi anak saat menonton TV dan pilihlah program acara TV yang bermanfaat serta baik untuk perkembangan anak. Hindari acara TV yang menampilkan goyangan erotis.

2. Teman yang baik

Anda harus pastikan bahwa teman-teman anak Anda adalah anak yang baik. Karena dalam beberapa kasus, ada anak yang melakukan pelecehan seksual karena dipaksa temannya. Jadi Anda juga harus ikut dalam menyeleksi teman yang baik untuk anak.

3. Jangan berkata kasar

Sebagai orangtua, Anda harus mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak. Hindari berkata kasar dan jangan pernah gunakan kata-kata yang berkaitan dengan seksual. Ingat! Sifat seorang anak adalah meniru, karena itu berusalah jadi contoh yang baik untuknya.

perbuatan mesum

Foto ilustrasi – Ist

4. Bimbingan orangtua

Agar anak tidak terjerumus ke hal yang negatif, Anda harus membimbingnya dengan baik. Beri dia pelajaran sosial saat sedang nonton TV, bermain internet, dan juga bermain bersama temannya. Dengan demikian si kecil akan tahu mana yang baik dan mana yang tidak.

5. Ilmu agama

Memberikan bekal ilmu agama kepada anak bisa membantunya terhindar dari hal yang negatif. Dia akan tahu bahwa hal itu dilarang dan akan mendapatkan dosa. Dengan demikian, dia tidak akan berani melakukan perbuatan mesum kepada temannya.

Didik dan ajari anak Anda dengan baik. Agar suatu saat nanti dia akan tumbuh besar dan menjadi orang yang mempunyai moral serta kelakuan yang baik.

(YG)

Comment di sini