Ciri-ciri Anda Kekurangan Vitamin A

by
April 25th, 2014 at 11:31 am

CiriCara.com – Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin agar tetap sehat dan bugar, salah satunya vitamin A. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memastikan kesehatan sistem reproduksi yang tepat, terutama pada wanita.

vitamin a

Vitamin A – Ist

Vitamin A juga berguna untuk membantu berbagai organ supaya berfungsi dengan baik. Di antaranya paru-paru, ginjal, dan juga jantung. Karenanya, vitamin A ini sangat penting untuk tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Saat tubuh kekurangan vitamin A, maka tubuh akan merasakan berbagai macam masalah kesehatan. Namun, karena kurangnya pemahaman, masyarakat sering tidak tahu bahwa sebenarnya tubuh mereka kekurangan vitamin A.

Berikut ciri-ciri tubuh kekurangan vitamin A:

1. Masalah mata

Jika Anda mengalami masalah pada mata seperti mengalami kebutaan di malam hari, itu merupakan ciri-ciri Anda kekurangan vitamin A. Hal ini karena asupan vitamin A akan berpengaruh pada Rhodopsin yang memfasilitasi mata untuk mengatur penerangan cahaya.

Saat asupan vitamin A berkurang, maka Rhodopsin pada mata tidak akan berfungsi baik sehingga mengalami kebutaan di malam hari bahkan sampai membuat kornea kering, keriput dan berpigmen. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan kebutaan total.

2. Masalah kulit

Masalah kulit, seperti kulit kering dan bersisik ternyata bisa menjadi tanda kalau Anda kekurangan vitamin A. Selain itu, kekurangan vitamin A juga bisa memicu jerawat yang muncul di berbagai bagian tubuh, seperti lengan, paha, punggung, bahu, perut, dan bahkan bokong.

3. Masalah pernapasan

Jika Anda merasakan masalah tenggorokan atau hidung kering dan kasar, itu ciri kalau Anda kekurangan vitamin A. Kurangnya asupan vitamin A juga bisa membuat sistem pernapasan keseluruhan rentan terhadap infeksi bakteri.

Pengidap Asma4. Masalah sistem reproduksi

Kurangnya vitamin A bisa ditandai dengan masalah pada sistem reproduksi, khususnya wanita. Ciri-ciri yang paling umum adalah munculnya penyakit vaginitis, keratinizing metaplasia dalam pelvis ginjal, saluran telur, rahim kandung kemih, dan bagian lainnya. Kondisi ini bisa menyebabkan kemandulan jika tidak segera diatasi.

Vitamin A ini banyak terkandung di buah-buahan dan juga sayuran. Karenanya, Anda disarankan untuk makan banyak buah beserta sayur jika ingin tubuh Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini