Kredit Motor: Cara Mengajukan Kredit Motor Baru

by
April 25th, 2014 at 10:37 am

CiriCara.com – Sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi favorit masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Kebanyakan orang beralasan lebih memilih naik motor karena bisa menghindari macet. Anda ingin membeli motor?

kredit motor

Kredit Motor – Ist

Saat ini pembelian motor sudah bisa dilakukan dengan dua cara, yakni cash (kontan/tunai) dan juga kredit (dicicil). Bagi Anda yang mempunyai dana terbatas, tentu membeli dengan cara kredit bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Cara Memilih Kredit Mobil.

Dengan membeli melalui cara kredit, Anda bisa langsung membawa pulang motor hanya dengan membayar uang muka yang sudah ditentukan. Namun jangan lupa, Anda juga mempunyai kewajiban untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Berikut cara mengajukan kredit motor baru:

1. Perusahaan pemberi kredit

Untuk kredit motor, Anda bisa langsung datang ke dealer motor terdekat. Selain dealer, Anda juga bisa mengajukan kredit motor melalui perusahaan finance. Nantinya perusahaan itu lah yang akan membeli motor secara cash kemudian mengkreditkannya kepada Anda.

Itu artinya, Anda tinggal membayar cicilan ke perusahaan finance tersebut. Saat ini sudah ada banyak perusahaan finance yang menawarkan promo menarik dan juga asuransi untuk kendaraan kredit. Jadi terserah Anda mau pilih yang mana.

2. Syarat kredit motor

Untuk mengajukan kredit motor ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi terlebih dahulu. Berikut beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan saat mengajukan kredit motor:

- Foto copy KTP (suami dan istri), biasanya harus sesuai dengan domisili Anda.
- Foto copy Kartu Keluarga (KK)
- Foto copy NPWP (jika ada)
- Foto copy surat nikah
- Pas foto 4×6 1 lembar (suami dan istri)
Jika karyawan/pegawai:
- Surat keterangan kerja dari perusahaan
- Slip gaji tiga bulan terakhir
- Print buku rekening penggajian (jika ada)
Jika pengusaha:
- Surat ijin usaha SIUP, SITU, TDP atau Surat Keterangan Usaha dari desa/kelurahan
- Laporan keuangan atau bon-bon belanjaan tiga bulan terakhir
- NPWP Perusahaan (jika ada)

Sekadar tips, Anda sebaiknya memilih dealer/perusahaan finance yang menawarkan biaya setoran/cicilan yang ringan. Perhatikan juga bunga yang ditetapkan, apakah terlalu besar dari harga kontannya atau tidak.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini