Kredit Rumah: Cara Memilih KPR

by
April 25th, 2014 at 3:44 pm

CiriCara.com – Kredit pemilikan rumah (KPR) saat ini sudah semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak bank yang mulai bersaing untuk memberikan layanan KPR kepada nasabahnya. Bingung pilih KPR dari bank yang mana?

rumah kpr

Contoh rumah KPR – Ist

Baik bank syariah maupun bank konvensional, semuanya memberikan tawaran masing-masing. Karena demi menarik minat nasabahnya, beberapa bank pun menyediakan fasilitas KPR yang lebih murah. Ini kesempatan yang bisa Anda manfaatkan.

Semakin banyaknya pihak bank yang menawarkan KPR murah tentu akan membuat Anda jadi semakin bingung dalam menentukan pilihan. Sebenarnya bank yang mana sih yang cocok untuk dijadikan tempat mengajukan KPR?

Berikut cara memilih KPR:

1. Referensi

Sebelum memilih bank mana, Anda sebaiknya minta saran dari teman atau saudara yang telah membeli rumah dengan cara KPR. Tanyakan bagaimana tatacara dan prosedur pengajuan KPR ke pihak bank. Bank yang disarankan teman biasanya mempunyai pelayanan yang bagus.

2. Perbandingan

Datangi sejumlah bank yang memberi fasilitas KPR untuk nasabahnya. Minta brosur KPR dari beberapa bank sebagai bahan pertimbangan. Bandingkan keunggulan serta promo dari masing-masing bank tersebut dan pilih yang menurut Anda paling menguntungkan.

3. Suku bunga kecil

Pilih bank yang memberikan suku bunga kecil. Dengan demikian, Anda tidak perlu membayar uang yang terlalu mahal saat membeli rumah lewat fasilitas KPR. Suku bunga ini biasanya akan menentukan besar kecilnya setoran rumah Anda.

kredit pemilikan rumah

KPR Syariah – Ist

4. Banyak bertanya

Anda sebagai calon nasabah harus banyak bertanya agar tidak menyesal di kemudian hari. Tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perubahan suku bunga dan juga sistem setoran. Dengan demikian, Anda tidak akan kaget ketika biaya setoran rumah tiba-tiba naik.

5. Pilih rumah sederhana

Jika dirasa keuangan Anda belum terlalu mencukupi, ada baiknya Anda memilih rumah yang sederhana. Tidak perlu tingkat, yang terpeting ada kamar dan juga ruang tamu. Jenis dan tipe rumah juga sangat berpengaruh pada besar kecilnya biaya yang akan Anda keluarkan nanti.

Itulah beberapa cara memilih bank mana yang bagus untuk mengajukan KPR. Semoga bermanfaat untuk Anda.

(YG)

Comment di sini