BMKG: Besok, Ada Gerhana Matahari di Indonesia

by
April 28th, 2014 at 4:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Fenomena alam unik akan kembali “menyapa” Indonesia. Kali ini adalah Gerhana Matahari yang terjadi pada Selasa, 29 April 2014, besok. Namun sayang, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat fenomena alam tersebut.

gerhana matahari

Gerhana Matahari Sebagian – Ist

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya, Senin (28/4/2014), menyebut hanya ada 7 wilayah yang bisa melihat gerhana matahari. Itu pun masih berupa Gerhana Matahari Sebagian bukan gerhana matahari total atau pun cincin.

Wilayah yang bisa melihat gerhana matahari sebagian tersebut adalah, Yogyakarta, Ngliyep, Denpasar, Mataram, Bima, Waingapu, dan Kupang. Lalu kapan pastinya gerhana matahari sebagian itu mulai terjadi di masing-masing wilayah tersebut?

Di Yogyakarta, gerhana akan terjadi mulai pukul 13.58 WIB, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 14.00 WIB, dan berakhir pada pukul 14.01 WIB.

Di Denpasar, gerhana akan terjadi mulai pukul 14.15 Wita, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 15.08 Wita, dan berakhir pada pukul 15.29 Wita.

Di Mataram, gerhana akan terjadi mulai pukul 14.48 Wita, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 15.09 Wita, dan berakhir pada pukul 15.29 Wita.

Di Bima, gerhana akan terjadi mulai pukul 14.53 Wita, kemudian mencapai puncaknya pada pukul 15.13 Wita, dan berakhir pada pukul 15.32 Wita.

Di Kupang, gerhana akan terjadi mulai pukul 14.49 Wita, untuk wilayah Ngliyep terjadi pada pukul 13.44 WIB, dan untuk wilayah Waipangu gerhana akan terjadi pada pukul 14.46 Wita.

Menurut BMKG, selain di Indonesia, gerhana matahari sebagian juga dapat diamati di Australia, Samudera Hindia bagian selatan. Sedangkan di Antartika, gerhana matahari ini akan tampak berupa gerhana matahari cincin.

Gerhana Matahari CincinGerhana matahari sebagian ini akan menjadi fenomena alam kedua yang “menyapa” sejumlah wilayah di Indonesia. Sebelumnya, gerhana bulan warna merah darah juga sempat terjadi. Namun hanya beberapa wilayah saja yang bisa melihatnya.

Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta dan juga enam wilayah tersebut, jangan lewatkan fenomena alam gerhana matahari sebagian yang terjadi besok. Untuk mengamati gerhana matahari ini disarankan untuk tidak melihatnya secara kasat mata.

Baca juga: Cara Aman Mengamati Gerhana Matahari Cincin.

Anda bisa menggunakan media kacamata khusus maupun menggunakan teleskop atau binokuler. Hal ini mengingat mata manusia tidak akan mampu bertahan jika melihat sinar matahari secara langsung.

(YG)

Comment di sini