Cara Beli Rumah: Kredit atau Tunai?

by
April 28th, 2014 at 10:29 am

Jakarta (CiriCara.com) – Seperti yang Anda ketahui bahwa membeli rumah saat ini sudah bisa dilakukan dengan dua cara, yakni tunai/kontan (cash) dan juga kredit atau yang lebih dikenal dengan istilah kredit pemilikan rumah (KPR). Lalu cara mana yang bagus?

cara membeli rumah

Membeli rumah – Ist

Menurut perencana keuangan independen, Ligwina Hananto, kedua cara pembelian rumah tersebut sebenarnya sama-sama bagus. Namun, pemilihan cara tersebut kembali lagi pada kesiapan dan kondisi finansial Anda.

Jangan sampai Anda terlalu memaksakan diri untuk membeli rumah, namun tanpa adanya kesiapan finansial yang matang. Hal ini mencegah Anda akan terjerat pada utang yang banyak dan juga beban ekonomi yang bisa merusak keuangan keluarga.

Masih bingung mau kredit atau tunai? Simak beberapa pertimbangan berikut ini:

1. Dana yang dimiliki

Berapa besar dana yang Anda miliki saat ini? Jika sudah ada dana yang cukup untuk membeli rumah secara tunai, maka sebaiknya beli tunai saja. Mungkin Anda mengira bahwa kredit terlihat lebih murah, padahal sebenarnya membeli rumah secara kredit itu lebih mahal dibanding membeli secara tunai.

2. Lihat penghasilan

Bagi Anda yang memiliki penghasilan tidak tetap, sebaiknya pilih membeli rumah secara tunai saja. Hal ini menghindari Anda tidak bisa membayar cicilan kredit rumah pada waktu yang sudah ditetapkan oleh pihak pemberi kredit.

Bagi Anda yang memiliki pengasilan tetap, Anda bisa memilih tunai maupun kredit. Namun, jika Anda ingin mengkredit rumah, maka pastikan besarnya cicilan kredit rumah tidak lebih dari 20% penghasilan Anda. Tujuannya agar Anda tidak terlalu terbebani cicilan tersebut.

kredit rumah atau kpr

Kredit rumah – Ist

3. Lihat prioritas

Anda sudah punya uang cukup untuk membeli rumah secara tunai, namun ada hal lain yang lebih penting. Anda bisa membeli rumah secara kredit, dengan demikian ada uang sisa untuk dialokasikan ke hal lain tersebut.

Namun, Anda tetap harus melihat besar cicilan yang perlu Anda keluarkan nanti. Jika dirasa mampu, Anda baru boleh kredit. Biasanya besar kecilnya cicilan kredit rumah itu ditentukan oleh besar kecilnya uang muka (DP) yang dibayarkan.

Baik membeli secara kredit maupun tunai sebenarnya memiliki keuntungan masing-masing. Namun, ada baiknya Anda bicarakan dulu dengan pihak keluarga sebelum memutuskan untuk membeli suatu rumah. (YG)

Comment di sini