Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

by
April 28th, 2014 at 11:36 am

CiriCara.com – Hubungan pendek arus listrik atau korsleting listrik sering menjadi penyebab kebakaran di pemukiman warga maupun di gedung-gedung. Hal ini bisa terjadi karena instalasi kabel maupun alat eletronik yang tidak sesuai standar keamanan.

kebakaran

Rumah kebakaran – Ist

Korsleting listrik menjadi salah satu penyebab kebakaran yang paling sering jadi biang kerok, selain kompor, lilin, dan juga rokok. Untuk itu, Anda harus lebih waspada lagi dalam memakai alat-alat elektronik di rumah Anda.

Jangan sampai rumah Anda terbakar karena adanya korsleting listrik yang tidak Anda sadari. Perhatikan lagi apakah instalasi listrik di rumah Anda sudah sesuai dengan standar atau belum. Baca juga: Pasar Senen Kebakaran: Ribuan Kios Ludes.

Berikut cara mencegah kebakaran akibat korsleting listrik:

1. Instalasi listrik yang baik

Saat melakukan pemasangan atau instalasi listrik di rumah, sebaiknya serahkan ke instalatir yang sudah handal. Pilih instalatir yang memiliki sertifikat SLO (Sertifikat Layak Operasi) atau minimum terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktir Listrik Indonesia).

Jika ingin instalasi sendiri, pastikan semuanya terpasang dengan baik dan benar. Perhatikan juga faktor keselamatan, jangan sampai Anda tersetrum. Hindari menumpuk colokan listrik terlalu banyak karena bisa mengakibatkan panas berlebih dan bisa memicu kebakaran.

2. Perangkat sesuai standar

Pilih kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk), dan alat listrik lainnya yang sudah sesuai dengan standar keamanan. Biasanya akan terdapat logo SNI (Standar Nasional Indonesia), LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan), atau SPLN (Standar PLN).

3. Ganti yang baru

Jika menemukan ada perangkat listrik yang terbakar atau rusak, sebaiknya segera ganti yang baru. Misalnya, sekring putus, jangan sekali-kali menyambungnya dengan serabut kawat. Hal ini bisa memicu aliran listrik berlebih dan bisa mengakibatkan kebakaran.

Beberapa perangkat eletronik memang ada yang bisa diperbaiki ketika rusak, namun ada juga yang harus diganti dengan yang baru saat sudah rusak. Ingat itu!

4. Pemeriksaan rutin

Periksa semua instalasi listrik di rumah Anda. Karena beberapa alat listrik akan rusak jika sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, Anda harus mengeceknya secara rutin. Faktor lingkungan seperti debu dan getaran juga bisa mengakibatkan korsleting listrik.

Kebakaran di Tambora5. Matikan kilometer listrik

Jika Anda mencium bau hangus atau melihat ada alat listrik yang terbakar, segera matikan kilometer listrik. Jangan langsung menyiram sumber kebakaran dengan air apabila masih ada arus listrik. Hal ini menghindari Anda tersengat arus listrik karena air tersebut.

Agar terhindar dari kebakaran akibat korsleting listrik, Anda tidak boleh menggunakan listrik ilegal atau listrik curian dari kabel PLN. Selain bisa mengakibatkan kebakaran, hal ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan Anda.

Umumnya, Anda juga harus mengganti instalasi rumah atau bangunan Anda secara menyeluruh minimal lima tahun sekali. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini