Cara Menghilangkan Bau Pada Interior Mobil

by
April 29th, 2014 at 2:08 pm

CiriCara.com – Percuma punya mobil bagus tapi interiornya beraroma tak sedap. Tentu hal ini akan membuat orang yang ada di dalamnya merasa tidak nyaman dan bahkan sampai muntah. Untuk itu, sangat penting menjaga kebersihan mobil baik di dalam maupun di luar.

bau di mobil

Mobil bau – Ist

Bau tidak sedap di dalam mobil itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yakni mulai dari sisa makanan yang tak sengaja tertinggal/terselip di sela jok mobil atau bisa juga akibat sel-sel kulit mati yang rontok dan mengendap di jok mobil.

Memiliki mobil yang beraroma tidak sedap tentu akan membuat Anda jadi malu. Apalagi jika ada teman atau anggota keluarga yang tiba-tiba saja ingin menumpang di mobil Anda. Harus bagaimana agar semua bau tidak sedap itu bisa hilang?

Berikut cara menghilangkan bau tidak sedap di interior mobil:

1. Cuci body mobil

Sebelum membersihkan bagian dalam mobil, Anda sebaiknya mencuci bagian luar mobil terlebih dahulu, yakni body mobil. Tutup semua kaca agar tidak ada air sisa cucian yang masuk ke dalam. Pilih sabun serta alat pembersih yang lembut agar warna pada body mobil tidak rusak ataupun tergores.

2. Sapu interior

Setelah body mobil dikeringkan, sekarang Anda beralih ke bagian dalam mobil (interior). Sapu dan buang semua sampah, baik itu plastik, sisa makanan, kertas, maupun tisu, dari dalam mobil. Jangan biarkan satu pun sampah terselip di sudut jok maupun di bawah karpet karet mobil.

3. Gunakan lap/handuk basah

Ambil kain lap atau handuk yang lembut untuk membersihkan bagian-bagian di interior mobil. Basahi kain tersebut, namun jangan terlalu basah. Gosok dashboard dan bagian interior mobil yang dilapisi karet sampai benar-benar bersih.

4. Gunakan sikat lembut

Kotoran sering kali terselip di bagian yang sempit, di sini sebaiknya Anda gunakan sikat yang lembut. Gosokkan sikat pada jok dengan perlahan. Selain bisa membersihkan kotoran yang terselip, sikat ini juga berguna untuk membuka pori-pori interior mobil Anda.

interior mobil bau

Membersihkan interior mobil – Ist

5. Gunakan vacuum cleaner

Setelah pori-pori interior mobil terbuka oleh sikat, sekarang saatnya Anda menyedot semua kotoran yang ada di dalam mobil dengan menggunakan vacuum cleaner. Untuk hasil yang maksimal, pasang mulut vacuum cleaner yang berujung ramping agar kotoran di sela-sela sempit bisa tetap terjangkau.

6. Pewangi mobil

Saat ini sudah banyak tersedia pewangi mobil dari berbagai merk, ada yang disemprot dan ada juga yang digantung. Anda bisa memilih salah satunya agar aroma di dalam mobil tetap wangi dan enak saat dicium.

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun jika tidak dilakukan secara rutin maka aroma tidak sedap di dalam mobil akan tetap ada. Jadi, rajin-rajin lah dalam membersihkan mobil Anda, jangan sampai Anda dibuat malu karenanya,

(YG)

Comment di sini