Cara Menyimpan ASI yang Benar Agar Tetap Segar

by
April 29th, 2014 at 9:24 am

CiriCara.com – Tidak memungkinkan untuk menyusui si buah hati setiap saat. Sebagai seorang wanita yang dianugerahi pekerjaan multitasking sebagai istri dan, mungkin, wanita karier, yang kesibukannya bisa saja menjauhkan dari rutinitas menyusui. Tapi pemberian ASI ekslusif masih tetap bisa dilakukan dengan cara memompa ASI dan menyimpannya untuk beberapa waktu tertentu. Perlu diperhatikan beberapa hal dalam menyimpan ASI agar selalu segar saat diminum bayi, antara lain:

1. Botol

Botol ASIP / Autumz

Botol ASIP / Autumz

Sebelum memompa ASI, pastikan tangan sudah tercuci bersih. Kebersihan alat pompa dan botol pun harus diperhatikan. Lalu, simpan ASI perahan tersebut ke dalam botol tertutup. Botol yang digunakan bisa botol kaca atau botol plastik bebas BPA. Jangan menyimpannya di dalam botol plastik sekali pakai atau botol plastik yang biasa digunakan untuk keperluan lainnya.

Simpanlah dalam porsi kecil untuk setiap botolnya, yakni sekitar 59-118 ml. Jangan memberi ASI sisa yang sudah diminum kepada bayi karena ASI tersebut sudah terkena air liur bayi dan mudah terkontaminasi bakteri. Maka, sisa ASIP (air susu ibu perahan) yang sudah diminum sebaiknya dibuang dan jangan dipakai lagi.

Beri label pada setiap botol penyimpan, yaitu tanggal susu dipompa dan nama bayi jika akan menitipkan bayi pada daycare. Hal ini akan memudahkan saat memberikan susu pada bayi karena ASI yang diberikan adalah ASI dari urutan pertama pemompaan.

Comment di sini