Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Malaria

by
April 29th, 2014 at 1:01 pm

CiriCara.com – Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Melalui gigitan itu lah virus penyakit malaria masuk ke dalam tubuh. Kebanyakan orang menilai penyakit malaria ini sama dengan penyakit demam berdarah. Banarkah demikian?

malaria

Penyakit Malaria – Ist

Penyakit malaria dan penyakit demam berdarah memang memiliki gejala yang sangat mirip. Namun, sebenarnya dua penyakit tersebut berbeda. Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, sementara demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Berbeda dengan penyakit lainnya, begitu Anda terjangkiti penyakit malaria, maka virus dari penyakit ini akan kambuh ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan juga kekebalan tubuh.

Berikut gejala malaria yang harus Anda kenali, seperti dilansir dari boldsky.com:

1. Demam yang tinggi

Penderita malaria ini akan mengalami demam. Suhu demam akan meninggi di hari pertama. Bahkan, bisa menyebabkan demam otak. Berbeda dengan penderita demam berdarah yang akan mengalami naik turun demam saat fase kritis.

2. Tubuh menggigil

Selain demam, tubuh menggigil juga merupakan gejala lain dari penyakit malaria. Anda harus waspada jika mengalami demam disertai tubuh yang menggigil.

3. Sakit kepala

Gejala penyakit malaria yang lainnya adalah sakit kepala. Virus dari penyakit malaria tersebut akan menginfeksi otak sehingga si penderita akan mengalami sakit kepala saat penyakit malaria itu kambuh.

4. Muntah-muntah

Memuntahkan setiap makanan yang dimakan merupakan gejala dari penyakit malaria. Kondisi ini terjadi apabila penyakit malaria dalam tubuh Anda sudah semakin parah, sehingga Anda pun tidak dapat menelan makanan apapun.

5. Keringat dingin

Gejala dari penyakit malaria itu adalah penderita mengeluarkan keringat dingin dan juga mengigil. Padahal, tubuh tidak sedang dalam kondisi demam.

6. Mudah lelah

Apakah Anda belakangan ini merasa lemah dan mudah lelah yang berlangsung selama berminggu-minggu setelah demam hilang? Itu bisa jadi merupakan gejala dari penyakit malaria. Virus malaria mampu menguras ketahanan fisik Anda.

tubuh alami demam

Demam – Ist

7. Sakit otot

Jika Anda mengalami masalah sakit otot, itu bisa menjadi gejala penyakit malaria. Virus dalam penyakit tersebut telah menarik semua cairan di otot sehingga Anda merasakan nyeri di otot.

8. Batuk kering

Batuk kering juga bisa menjadi gejala dari penyakit malaria. Hal ini karena penyakit malaria akan merampas cairan tubuh Anda sehingga Anda pun mengalami batuk kering.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini