Kredit Rumah: Cara Mengukur Kemampuan Mencicil

by
April 29th, 2014 at 10:08 am

CiriCara.comMembeli rumah dengan sistem kredit seringkali memunculkan rasa was-was dalam diri seseorang. Tentunya Anda akan bertanya-tanya sebenarnya Anda mampu tidak sih untuk membayar cicilan kredit rumah itu nanti. Atau jangan-jangan malah jadi bangkrut?

kredit pemilikan rumah

Kredit rumah – Ist

Sebelum memutuskan untuk mengkredit rumah, sebenarnya Anda bisa mengukur kemampuan besarnya cicilan yang bisa dibayar. Tentunya dengan melihat dari segi penghasilan dan juga kondisi keuangan keluarga Anda.

Kredit rumah atau yang dikenal dengan sebutan KPR tentu memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin punya rumah namun dengan dana terbatas. Anda bisa cepat memiliki rumah sendiri namun juga mempunyai kewajiban untuk membayar cicilannya sampai lunas.

Berikut cara mengukur kemampuan cicilan dalam kredit rumah:

1. Penghasilan dikurangi pengeluaran

Sebelum memutuskan untuk kredit rumah, coba Anda hitung berapa penghasilan yang didapat dalam satu bulan. Lalu kurangi dengan besarnya pengeluaran Anda setiap bulannya. Apakah ada sisa atau tidak?

Jika ada sisa, maka besarnya cicilan kredit rumah tidak boleh melebihi uang sisa penghasilan tersebut. Usahakan besarnya cicilan itu di bawah uang sisa, agar Anda bisa tetap menabung. Jika tidak ada sisa sama sekali, sebaiknya Anda jangan dulu kredit rumah.

2. Periode utang

Lihat lamanya periode utang saat mengkredit rumah. Berapa lama Anda ingin mencicilan rumah kredit tersebut sampai lunas, 10 tahun atau 5 tahun. Periode utang ini biasanya akan mempengaruhi besar kecilnya cicilan. Dari sini Anda bisa mengira-ngira mampu atau tidak.

rumah kpr

Contoh rumah KPR – Ist

3. Batas 30% dari penghasilan

Usahakan besarnya cicilan rumah tidak melebihi 30% dari penghasilan rata-rata tiap bulannya. Dengan demikian Anda tidak akan merasa terbebani dan kredit rumah pun bisa berjalan dengan lancar.

Jangan sekali-kali membayar cicilan kredit rumah dengan cara berutang ke pihak lain. Hal ini hanya akan membuat Anda terlilit utang di mana-mana. Jika dirasa tidak mampu, lebih baik jangan dulu kredit rumah, lebih baik kumpulkan dulu baru beli rumah secara tunai.

Ada baiknya Anda rundingkan terlebih dahulu dengan pihak keluarga. Apakah pihak keluarga sudah setuju Anda mengambil kredit rumah atau belum. Karena kredit rumah ini tentu akan merubah perekonomian keluarga.

(YG)

Comment di sini