Video: Kapten Kapal Korea Selatan Melarikan Diri Sebelum Tenggelam

by
April 29th, 2014 at 10:43 am

Seoul (CiriCara.com) – Insiden kapal ferry terbalik di perairan Korea Selatan pada dua pekan lalu akhirnya membuat sang kapten tertangkap. Kapten yang bernama Lee Joon Seok yang mengemudikan kapal Sewol tersebut dianggap lali dan tidak bertanggung jawab sehingga kapal terbalik saat sedang melaju.

Dilansir dari CNN, Lee Joon Seok yang tertangkap pada 19 April 2014 kemarin dinilai melepaskan tanggung jawabnya sebagai seorang nahkoda dan diancam dengan lima tuduhan. Ia pun akan dikenai hukuman penjara seumur hidup.

Tragedi kapal yang dianggap sebagai tragedi nasional Korea Selatan tersebut masih menjadi bahan pembicaraan hingga hari ini. Akibat dari insiden tersebut, Perdana Menteri Korea SelatanJung Hong-won mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban atas insiden tragis tersebut.

Kini setelah kapten kapal berhasil ditangkap, tampaknya ia harus menerima tuduhan yang lebih berat. Pasalnya kini beredar video saat ia melarikan diri dari kapal tenggelam yang dikemudikannya saat insiden terjadi sebelum akhirnya tertangkap.

Dalam video tersebut terlihat banyaknya para penumpang kapal Sewol yang sedang berusaha menyelamatkan diri dari badan kapal agar tidak tenggelam. Video yang ditayangkan oleh stasiun televisi Korea Selatan, JTBC tersebut didapat dari ayah remaja laki-laki yang merupakan korban tewas dari insiden kapal Sewol tersebut.

Video yang berdurasi 3 menit tersebut menampilkan suasana kapal ferry yang penuh dengan kepanikan saat kapal tenggelam. Di situlah aksi kapten kapal, Lee Joon Seok menyelamatkan diri dengan memanjat badan kapal agar ia bisa keluar.

Para penyelamat yang berada di sekitar kapal pada saat kejadian tidak bisa mengenali si kapten karena situasi sedang memanas pada saat itu.

Kini, kapten kapal beserta 14 awal kapal sudah ditahan oleh pihak hukum Korea Selatan atas kelalaian mereka dalam mengemudikan kapal yang menewaskan ratusan orang tersebut.

Berikut video kapten kapal yang melarikan diri dari kapalnya saat proses evakuasi berlangsung:

(RN)

Comment di sini