Cara Cerdas Kelola Keuangan Usaha (UMK)

by
April 30th, 2014 at 11:15 am

CiriCara.com – Banyak masyarakat yang kini mulai menjalankan usaha mikro dan kecil (UMK). Agar bisa memajukan usahanya, tentunya para pelaku bisnis UMK ini harus mengetahui cara mengelola dan menyusun laporan keuangan usaha yang benar.

cara keuangan

Tips keuangan – Ist

Menurut Motivator profesional Phobi Kevin, laporan keuangan sangat penting dalam dunia usaha, termasuk UMK. Melalui sistem pencatatan dan pelaporan keuangan yang baik, pelaku usaha dapat memonitor kondisi keuangan perusahaan.

Dengan melihat laporan keuangan, maka kita bisa tahu apakah perusahaan dalam keadaan sehat, krisis atau sudah bisa dinyatakan bangkrut,” jelas Phobi di depan 100 pelaku UMK di wilayah Jambi, Sumatera Selatan.

Berikut ada beberapa cara cerdas kelola keuangan usaha (UMK) yang bisa Anda ikuti:

1. Pisahkan uang pribadi dan usaha

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan keuangan usaha dengan uang pribadi Anda. Dengan cara ini, keuangan usaha bisa terpantau secara jelas dan tentunya tepat. Untuk itu, pisahkan lah uang pribadi Anda dan uang usaha.

2. Tentukan besarnya modal

Anda sebagai pendiri usaha harus tahu berapa modal yang diperlukan untuk kebutuhan usaha. Data ini nantinya yang akan menjadi dasar penghitungan, apakah usaha Anda mendapat keuntungan atau malah merugi.

3. Buat pembukuan

Agar bisa mengontrol keuangan usaha, Anda sebaiknya membuat pembukuan. Catat semua transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, serta utang dan piutang. Pembukuan ini bisa mencegah adanya kecurangan yang dilakukan pekerja Anda.

cara memulai usaha yang benar

Memulai Usaha – Ist

4. Kurangi risiko dari utang usaha

Anda sebaiknya menghindari utang, baik itu kredit modal untuk mengembangkan usaha. Jika ingin berutang, sebaiknya Anda pikirkan juga apakah keuntungan yang didapat bisa menutup utang tersebut atau tidak.

5. Kontrol kelancaran arus kas usaha

Agar usaha Anda tetap berjalan, arus kas usaha harus bisa dikontrol. Nantinya kas usaha ini akan berguna untuk menambah modal usaha ketika terjadi kerugian. Bisa dibilang, Anda harus menyiapkan dana cadangan untuk usaha.

Walaupun usaha Anda masih tergolong kecil, namun tetap saja laporan keuangan itu diperlukan. Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat usaha Anda jadi semakin maju dan berkembang pesat.

(YG)

Comment di sini