Mengenal Puasa di Bulan Rajab

by
May 2nd, 2014 at 11:44 am

CiriCara.com – Berdasarkan penanggalan kalender Hijriyah, Rabu, 30 April 2014, bertepatan dengan tanggal 1 Rajab. Pada bulan Rajab ini biasanya sejumlah umat Islam ada yang melaksanakan ibadah puasa sunnah atau yang biasa disebut Puasa Rajab.

puasa rajab

Bulan Rajab – Ist

Terdapat sejumlah hadits yang menjelaskan tentang keutamaan serta hukum dari Puasa Rajab. Beberapa hadist menyebutkan bahwa puasa di bulan Rajab akan memberikan pahala yang belipat ganda bagi yang melaksanakannya.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan haram yang telah Allah SWT sebutkan dalam firman-Nya. Adapun bulan yang termasuk bulan haram itu adalah, Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Disebut atau dinamakan bulan haram disebabkan dua perkara: Pertama, karena diharamkan perang di dalamya kecuali kalau musuh memulainya. Kedua, karena besarnya kehormatan dan keagungan bulan-bulan tersebut sehingga maksiat yang dikerjakan di dalamnya dosanya lebih besar daripada bulan-bulan selainnya.

Dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri memang menganjurkan berpuasa pada bulan-bulan haram:

صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

“Puasalah pada bulan-bulan Al Hurum (bulan Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram) dan hentikanlah (beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali),” HR. Abu Dawud no.2428 dan didhaifkan oleh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud).

Namun, dari hadits tersebut bisa kita lihat bahwa Nabi tidak pernah mengkhususkan puasa di bulan Rajab saja, tapi menganjurkan untuk puasa di semua bulan haram. Jadi akan sangat disayangkan jika Anda hanya berpuasa di bulan Rajab tapi lupa berpuasa di bulan haram lainnya, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Beberapa hadits memang menyebutkan bahwa puasa Rajab memiliki keutamaan tersendiri dibanding bulan-bulan lainnya. Apalagi jika dilaksanakan pada hari-hari tertentu di bulan Rajab. Namun, hadits-hadits tersebut tidak ada yang shahih atau masih diragukan.

Karena itu, pelaksanaan puasa Rajab selama beberapa hari secara khusus untuk mengistimewakannya dengan meyakini keutamannya yang lebih besar dibandingkan pada bulan-bulan selainnya adalah tidak dibenarkan dan tidak memiliki dasar kuat dalam syariat.

Intinya! Berpuasa di bulan Rajab itu boleh-boleh saja, asal tidak dikhususkan. Akan lebih baik lagi jika Anda juga berpuasa di bulan Dzulqai’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Dan perlu diingat, puasa di bulan haram tersebut hukumnya sunnah. Karenanya, tidak perlu Anda menggunjingkan orang yang tidak berpuasa di bulan tersebut.

Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini