Cara Mencegah Malware di Facebook

by
May 5th, 2014 at 11:55 am

CiriCara.com – Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer di Indonesia. Mulai dari remaja hingga orang dewasa sudah banyak yang memanfaatkan Facebook untuk bekomunikasi dan bermain game. Lalu bagaimana dengan faktor keamanannya?

virus di facebook

Facebook – Ist

Facebook ternyata juga bisa menjadi media penyebaran malware. Jika sudah terkena, akun Facebook Anda akan disusupi script yang mengganggu. Scipt tersebut akan membaca daftar teman Anda dan kemudian menyebarkan malware tersebut ke semua teman Anda.

Pada umumnya, malware tersebut muncul melalui sebuah pesan Inbox pribadi pengguna. Biasanya dalam pesan akan tercantum sebuah file atau link yang tidak jelas. Jika penerima pesan tersebut mengklik file atau link tersebut, maka malware akan langsung masuk.

Sudah banyak pengguna Facebook yang menjadi korban malware tersebut. Karenanya, Anda harus waspada mulai dari sekarang. Jangan sampai akun Facebook Anda disusupi malware yang merugikan.

Berikut cara mencegah malware di Facebook:

1. Tidak asal menambahkan akun/teman Facebook

Meski tujuan awal Anda adalah menambah kenalan baru di Facebook, namun tetap saja Anda harus berhati-hati. Karena bisa saja akun yang Anda tambahkan sebagai teman itu adalah akun palsu yang digunakan untuk menyebarkan malware. Jadi, jangan asal menambahkan teman di Facebook.

2. Jangan mudah percaya

Saat ini banyak sekali pesan menjebak yang sering ditag ke akun pengguna Facebook. Entah itu melalui komentar maupun pesan inbox, sebaiknya Anda jangan mudah percaya. Anda lebih baik langsung menghapus tag akun Anda dari pesan tersebut.

3. Jangan sembarang klik file/link

Jangan ikuti jika ada pesan yang meminta Anda mengklik atau mengunduh/mendownload suatu file yang tidak jelas, kecuali Anda sudah tahu persis apa isi file tersebut. Sekalipun pesan tersebut berasal dari orang yang dikenal, Anda tetap harus waspada. Karena bisa jadi akun teman Anda itu sudah terkena malware dan ingin “menularkannya” ke akun Anda.

facebook, fb,

Facebook – Ist

4. Segera laporkan ke Facebook

Jika pesan atau tag tersebut sangat mengganggu Anda, tidak ada salahnya melaporkan ke Facebook. Adukan pesan tersebut sebagai salah satu pesan berbahaya atau pesan yang mengganggu. Biasanya pihak Facebook akan dengan segera menghapusnya.

5. Lebih berhati-hati

Saat ini banyak halaman yang mengaku mempunyai cara untuk melihat teman yang berkunjung ke profil akun Anda. Sebaiknya Anda tidak mengikuti halaman tersebut karena sebenarnya pihak Facebook tidak pernah menyediakan layanan seperti itu. Jadi berhati-hatilah dengan pesan-pesan semacam itu.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini