Ciri-ciri Virus MERS yang Perlu Anda Ketahui

by
May 5th, 2014 at 9:49 am

CiriCara.com – Penyakit yang disebabkan oleh virus Corona MERS (Middle East respiratory syndrome coronavirus) mulai mengancam kesehatan masyarakat, khususnya mereka yang akan pergi atau tengah berada di Arab Saudi. Pasalnya, virus MERS sudah banyak menjangkiti masyarakat di negara Timur Tengah tersebut.

Virus

Ilustrasi virus – Ist

Virus MERS merupakan anggota keluarga virus corona yang sama dengan virus SARS Corona, tapil lebih mematikan. Rata-rata angka kematian akibat MERS itu mencapai 50%, sedangkan angka kematian oleh SARS rata-rata hanya 10%.

Menurut Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FAC, Praktisi klinis dari FKUI-RSCM, virus corona jenis baru tersebut sangat berbahaya karena dapat menular dari orang ke orang, serta tingkat mortalitasnya yang tinggi.

Hingga saat ini, infeksi MERS sudah mendera sejumlah negara, di antaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Tunisia, Jordan, Inggris, Jerman, Perancis, dan Italia. Karena baru terdeteksi sekitar tahun 2012, hingga saat ini belum ada obat ataupun vaksin yang bisa menyembuhkan virus MERS.

Lebih lanjut, Dr Ari mengatakan bahwa ciri-ciri penyakit MERS itu sangat mirip dengan penyakit flu biasa. Karenanya sangat susah untuk dibedakan, tanpa adanya pemeriksaan medis di rumah sakit.

“Gejalanya susah dibedakan dari flu lain,” kata Dr Air.

Meskipun demikian, berikut ada beberapa ciri umum dari virus MERS:

- Gangguan pernapasan, seperti ISPA dan napas pendek atau tersengal-sengal
- Demam di atas 38 derajat celcius yang disertai gangguan pernapasan.
- Batuk dan bersih
- Pneumonia dan gagal ginjal, pada penderita yang sudah parah
- Sakit dada

Virus MERS ini biasanya akan menyerang orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah, seperti lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan, dan orang yang dalam perjalanan. Karenanya, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Pejabat Arab Saudi mengungkapkan, jumlah korban terinfeksi MERS di Arab Saudi sudah mencapai 339 kasus. Pasalnya ada 26 kasus baru yang terjadi pada akhir pekan lalu. Seperti dikutip dari Reuters, 102 di antaranya berujung kematian.

Karenanya, bagi Anda yang berencana berpergian ke Arab Saudi diminta untuk waspada. Lakukan cara pencegahan agar Anda tidak terjangkit virus MERS tersebut saat berangkat dan selama berada di Arab Saudi.

(YG)

Comment di sini