Siswi SMP Pilih Menikah Daripada Ujian Nasional

by
May 5th, 2014 at 4:26 pm

Bengkulu (CiriCara.com) – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, telah dimulai pada hari ini, Senin (5/5/2014), secara serentak di seluruh Indonesia. Dari sekian banyak peserta, ternyata masih ada saja pelajar SMP yang tidak ikut UN.

peserta ujian nasioanl

Ujian Nasional – Ist

Di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, tercatat ada lima pelajar SMP yang tidak mengikuti UN karena menikah. Awalnya mereka izin sakit kepada sekolah masing-masing, namun hasil penelusuran pihak sekolah mendapati fakta bahwa mereka telah menikah.

Kelima pelajar SMP yang tidak mengikuti UN karena menikah itu berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Satu siswa dari SMPN 1 Pematang Tiga, dua siswa SMPN 1 Pondok Kelapa, satu siswa SMPN 1 Karang Tinggi, dan satu siswa dari SMPN 2 Talang Empat.

Kepala Sekolah SMPN 2 Talang Empat, Edon Siregar mengatakan bahwa pihaknya sempat mendatangi siswinya yang menikah untuk tetap ikut UN. Namun, karena sudah pindah tempat tinggal, pihak sekolah pun tidak sempat bertemu dengan siswi tersebut.

“Meski telah menikah mereka masih berhak ikut UN, namun karena sudah pindah ke provinsi lain jadi susah untuk menghubunginya,” ujar Edon, seperti dikutip dari berita Tribunnews.com, Senin (5/5/2014).

Edon pun menyayangkan kejadian ini. Pasalnya, pelajar tersebut sebenarnya masih teregistrasi di Daftar Nomor Tetap (DNT) sebagai salah satu peserta Ujian Nasional tahun 2014 yang dimulai hari ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah, Sugeng mengatakan bahwa kelima pelajar tersebut sebenarnya masih tercatat sebagai calon peserta UN. Namun karena tidak hadir, dipastikan mereka tidak akan lulus.

“Karena tidak mengikuti UN, dipastikan lima siswa ini tidak lulus UN,” ujar Sugeng.

Jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bengkul Tengah tercatat ada 1.762 orang. Sesuai dengan jadwal Ujian Nasional tahun 2014, pelaksanaan ujian untuk tingkat SMP akan berakhir pada 8 Mei 2014 mendatang.

(YG)

Comment di sini