Cara Atasi Kulit Mengelupas Akibat Terbakar Matahari

by
May 6th, 2014 at 10:08 am

CiriCara.com – Setiap orang pasti pernah mengalami terbakar sinar matahari. Walau hanya terpapar sinar matahari dalam waktu yang sebentar, kulit yang tidak terlindungi bisa menjadi terbakar dan nyeri. Aktivitas luar seperti berenang, main di pantai, atau sekadar melakukan kegiatan di luar ruangan mempunyai risiko kulit terbakar lebih besar. Akibatnya bisa menjadi kering, keriput, noda hitam, dan kanker kulit.

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari, selain mengakibatkan kulit terbakar, juga membuat kulit terkelupas. Sinar UV memancar dari matahari kemudian merusak sel-sel bagian permukaan kulit sekaligus membuatnya kering bahkan melepuh.

Namun secara reaksi alami, kulit akan dengan cepat memperbaiki diri dan membangun sel-sel baru untuk menggantikan sel yang rusak karena paparan sinar UV matahari. Pada saat proses pergantian sel inilah kulit mati yang ada di permukaan bekerja sebagai pelindung terhadap lapisan di bawahnya yang sedang membangun lapisan kulit baru.

Ketika proses pergantian sel-sel kulit selesai dimana lapisan kulit terbaru sudah tampak, kulit mati yang rusak akibat matahari mulai mengelupas. Pengelupasan kulit ini merupakan bagian penting dalam proses penyembuhan kulit yang terbakar.

Sayangnya tidak ada cara cepat untuk menyembuhkan kulit terbakar. Yang dapat dilakukan adalah melakukan penanganan dan perawatan cepat terhadap kulit terbakar dan mengelupas. Berikut cara-cara yang dapat menolong permasalahan tersebut.

1. Dinginkan

Mandi dengan air dingin / Ist

Mandi dengan air dingin / Ist

Kulit terbakar menyebabkan iritasi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Untuk pertolongan sementara, jaga kulit agar tetap dingin dengan cara menempelkan kain basah dan dingin pada bagian kulit yang terbakar. Jangan menggosok area tersebut karena kulit yang mengelupas bisa semakin meluas dan menimbulkan bekas luka. Bisa juga untuk segera mandi dengan air dingin untuk menenangkan kulit yang terbakar sekaligus melunturkan chlorine atau garam pada tubuh jika melakukan aktivitas berenang di kolam atau pantai. Jika kulit sangat gatal, dinginkan area tersebut dengan es batu untuk meredakannya.

Comment di sini