Cara Membuat Ayam Betutu Goreng

by
May 6th, 2014 at 4:48 pm

CiriCara.com – Ayam betutu adalah salah satu masakan khas daerah Bali. Betutu sendiri sebenarnya bebek yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Bali. Namun, karena ayam pun bisa dijadikan sebagai alternative pengganti bebek, maka muncullah ayam betutu.

ayam betutu

Ayam Betutu – Ist

Karena diolah dengan bumbu-bumbu khas Bali, maka ayam betutu pun mempunyai cita rasa yang khas. Masakan yang satu ini sangat digemari para wisatawan di Bali, mulai dari yang domestik sampai manca negara.

Ayam betutu sendiri biasanya diolah dengan beberapa cara, mulai dari digoreng, dikukus, hingga presto. Biasanya restoran atau rumah makan di Bali selalu menyediakannya semua ayam bertutu tersebut. Jadi wisatawan tinggal memilih sendiri.

Namun, bagi Anda yang ingin belajar cara membuat ayam betutu, berikut ada panduan cara dan juga resepnya. Tapi kali ini ayam betutu yang akan dibuat adalah ayam betutu goreng. Simak baik-baik caranya.

Resep Ayam Betutu Goreng:

Bahan:
- 1 ekor ayam utuh, potong jadi 12 bagian
- 5 batang serai
- 3 lembar daun jeruk
- 1 ikat daun kemangi
- 1 liter minyak untuk menggoreng dan menumis
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Penyedap rasa

Bumbu yang dihaluskan:
- 200 g bawang merah
- 100 g bawang putih
- 100 g cabe merah
- 50 g kencur
- 5 cm kunyit
- 5 butir kemiri
- ½ sendok teh lada hitam

Cara membuat:
- Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Kemudian masukkan daun kemangi dan serai, aduk hingga rata sampai aromanya terasa.
- Masukkan ayam, garam, merica, dan penyedap rasa, aduk sampai seluruh potongan ayam tercampur dengan bumbunya kemudian tutup kurang lebih 15 menit. Angkat pisahkan ayam dengan sisa bumbunya.
- Panaskan minyak pada wajan, lalu goreng ayam tadi hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Taruh ayam ke piring saji dan tambahkan sisa bumbu di atasnya. Hias dengan beberapa sayuran segar atau tomat dan mentimun.
- Sajikan ayam betutu bersama dengan nasi, sambal, dan juga minuman segar.
- Ayam betutu goreng siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini